Google Duo sekarang Bisa Kirim Tautan Undangan Mirip Zoom

logo huawei

Platform panggilan video Google Duo sekarang bisa mengirimkan tautan undangan di ponsel. Seperti dilansir dari Android Police adanya fitur ini menjadikannya pesaing yang lebih layak untuk Zoom dan aplikasi konferensi video lainnya.

Tidak seperti Google Meet, platform ini di desain oleh Google dengan fitur lengkap yang memang dirancang untuk bisnis. Sementara Google Duo adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk seluler dan lebih fokus pada konsumen personal.

Namun melihat pandemi COVID-19 yang saat sedang berlangsung, maka lebih banyak orang yang menggunakan platform konferensi video daripada sebelumnya. Sementara untuk Google Hangout dibuat lebih santai, tetapi dengan skala yang jauh lebih besar daripada panggilan video standar yang biasa digunakan. Hal inilah yang membuat Google merencanakan dan meluncurkan fitur yang lebih kuat ke semua aplikasi obrolannya, termasuk Google Duo.

Baru-baru ini Google Duo telah mendapatkan peningkatan kualitas panggilan berkat adanya dukungan codec AV1 baru. Google Duo juga sekarang dapat mendukung hingga 12 orang dalam panggilan. Google juga sebelumnya menyediakan panggilan Google Meet secara gratis kepada konsumen pada akhir April jika mereka membutuhkan opsi berbasis web yang lebih kuat untuk konferensi video di desktop atau laptop, walau nantinya akan dibatasi hanya 60 menit.

Tautan undangan ini pertama kali diumumkan bulan lalu sebagai bagian dari peluncuran fitur yang lebih luas yang nantinya juga akan mencakup dukungan web. Tautan undangan sekarang sudah aktif bahkan dalam versi aplikasi yang lebih lama berkat pembaruan di sisi server Google.

Sekarang, jika pengguna Google Duo ingin membuat panggilan dan menambahkan lebih banyak orang ke dalamnya, mereka dapat melakukannya melalui tautan undangan khusus seperti di Zoom setelah panggilan grup dibuat.

Untuk saat ini, fitur tautan undangan hanya berfungsi di ponsel, termasuk Android dan iOS, menurut 9to5Google ini berarti siapa pun yang mengklik tautan yang dibagikan di web tidak akan dapat bergabung kecuali mereka menggunakan Chromebook yang mendukung versi aplikasi tersebut di Android.(hh)