Apple Hadirkan Layanan Podcast Berlangganan

logo huawei

Saat ini konten podcast di Apple cukup banyak tersedia secara gratis. Namun, demi bisa lebih bersaing dengan Spotify dan untuk menarik lebih banyak podcaster atau pembuat konten ke platformnya, Apple dikabarkan akan meluncurkan platform Podcast+ besutan mereka di acara Apple Event “Spring Loaded” tahun ini.

Nantinya, Podcast+ ini akan dirilis Apple secara khusus bagi pengguna platform iOS.

Sementara itu, perusahaan asal Amerika Serikat ini bakal melangsungkan acara Apple Event “Spring Loaded” pada tanggal 20 April 2021.

Hal tersebut diketahui dari laporan The Information. Apple sendiri sudah lama menawarkan pengguna kemampuan untuk mendengarkan podcast melalui aplikasi Podcast yang tersedia di iOS dan Mac.

Menurut Apple, Podcast+ ini sendiri bisa dibilang adalah versi premium dari Podcast App mereka.

Rencananya, isi dari Podcast+ tersebut adalah beberapa konten-konten premium yang tidak terdapat di aplikasi Podcast App versi biasa.

Tidak hanya beberapa konten premium saja, Apple juga dikabarkan tengah bernegosiasi dengan sebuah perusahaan penyiaran baru guna menjadi salah satu produsen konten Podcast+.

Namun, dibalik persiapan Apple dalam merilis Podcast+ ini, ternyata ketika aplikasinya nanti sudah dirilis tidak semua pengguna iOS akan dapat mengunduhnya.

Podcat kini semakin populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Seperti Spotify yang tak hanya menawarkan streaming lagu-lagu tapi juga konten podcast.

Bahkan Spotify sendiri telah melakukan akuisisi besar-besarn di mana mereka berhasil meyakinkan pembawa acara podcast populer dan komentator UFC Joe Rogan untuk membuat podcast eksklusif di platformnya.

Melihat peluang tersebut dengan memonetisasi podcat dapat mendorong lebih banyak orang untuk membuat podcast dan bergabung dengan platform Apple.

Dilansir dari the verge, Fitur baru lainnya termasuk tombol “Smart Play” yang memungkinkan pendengar untuk secara otomatis memulai acara episodik dari episode terbaru dan acara serial dari awal serial. Pendengar juga dapat menyimpan episode individu, yang diunduh untuk pemutaran offline.

Pengguna berspekulasi bahwa Apple akan meluncurkan layanan berlangganan untuk mempromosikan konten aslinya, yang berfokus pada acara pendamping untuk TV Plus dan konten Buku. Sekarang, tampaknya Apple malah melihat peluang untuk menghasilkan uang dari podcaster itu sendiri tanpa berinvestasi dalam pemrograman eksklusifnya sendiri.

Apple mengatakan bahwa Podcast+ ini akan tersedia secara secara global di semua negara di dunia, termasuk di Indonesia.(kl)