Facebook akan Luncurkan Layanan Mirip Clubhouse

logo huawei

Facebook diketahui sedang mengembangkan kompetitor Clubhouse. Facebook mengonfirmasi akan segera merilis beberapa produk yang menekankan konten suara melalui teks, gambar, atau video. Produk ini akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan dan akan diuji coba untuk pengguna tertentu.

Facebook akan meluncurkan aplikasi serupa audio sosial Clubhouse yang dinamai Live Audio Rooms. Aplikasi ini akan tersedia di Facebook maupun Messenger mulai musim panas mendatang. Sebelum merilis ke publik, Facebook akan menguji Live Audio Rooms terlebih dahulu kesejumlah grup dan figur publik.

Dilansir dari situs The Verge, pengguna nantinya dapat merekam percakapan mereka dan mendistribusikannya, dan orang dapat mengenakan biaya untuk akses ke kamar ini baik melalui langganan atau biaya satu kali.

Agar orang-orang bergabung, Facebook mengatakan akan memperkenalkan Audio Creator Fund atau Dana Pembuat Audio untuk mendukung para pembuat konten audio baru. Semua percakapan ini juga dapat diubah menjadi “Soundbites,” fitur yang akan datang ini memungkinkan orang membuat dan berbagi klip audio berdurasi pendek.

Soundbites akan hadir di News Feed yang lebih luas. Pengguna dapat merekamnya di tools terpisah dalam Facebook. CEO Facebook Mark Zuckerberg menyamakan Soundbites dengan Reels, pesaing TikTok Instagram, tetapi untuk audio.

“Gambaran di sini adalah kami berpikir bahwa audio, tentu akan menjadi media kelas satu dan ada semua produk yang berbeda ini dibangun di seluruh spektrum ini,” kata Zuckerberg.

Facebook juga berencana untuk mengambil peran yang lebih besar dalam podcasting. Perusahaan mengatakan akan mulai merekomendasikan acara dan episode berdasarkan minat orang dan orang dapat mengomentarinya serta merekomendasikannya kepada teman. Menurut Facebook ada sekitar 170 juta orang di Facebook terhubung ke halaman yang ditautkan ke podcast tertentu, dan lebih dari 35 juta orang adalah anggota kelompok penggemar di sekitar podcast.

Zuckerberg menambahkan kemitraan dengan Spotify juga akan datang, memungkinkan orang mengalirkan musik dan podcast dari News Feed mereka. Zuckerberg menegaskan bahwa fitur ini untuk musik. Namun tetap saja, pengguna Facebook akan dapat membagikan podcast Spotify dan membiarkan orang mendengarkan tanpa harus meninggalkan Facebook dan pengguna hanya perlu menautkan akun mereka.

“Ambisi kami selalu menjadikan Spotify ada di mana-mana di seluruh platform dan perangkat. Menghadirkan musik dan podcast ke lebih banyak orang serta integrasi baru kami dengan Facebook adalah langkah lain dalam upaya ini,” kata juru bicara Spotify.(na)

%d bloggers like this: