Asisten Google Kini Bisa Digunakan untuk Jadwalkan Smart Light

logo huawei

Asisten Google sekarang dapat mengontrol perangkat smart home termasuk lampu, sakelar, steker, dan thermostat yang memungkinkan pengguna menjadwalkan lampu dan perangkat lain untuk menyala dan mati pada waktu tertentu dengan fitur “Scheduled Actions”. Seperti yang terlihat pada dokumentasi pengembang Asisten Google.

Asisten Google saat ini telah bekerja dengan baik bersama lampu Phillips Hue dan lampu pintar lainnya untuk menyala dan mematikannya serta menyetel alarm. Nah, sekarang Anda dapat memberi tahu Asisten Google dengan tepat kapan Anda ingin menyalakan lampu dan perangkat lain di smart home.

Dilansir dari verge, anda harus benar-benar spesifik jika Anda ingin menjadwalkan lampu (atau perangkat lain) untuk menyalakan atau mematikannya. Kalau hanya mengatakan sesuatu seperti, “Hai Google, nyalakan lampu besok jam 20.00” saja ternyata tidak disarankan. Lebih baik mengatakan “Hai Google, nyalakan lampu hari Selasa jam 8 malam”.

Namun, seperti yang terlihat pada dokumentasi pengembang Asisten Google, Anda dapat menentukan “matahari terbit” dan “matahari terbenam” sebagai waktu untuk menyetel lampu agar menyala atau mati sehingga tidak perlu menyebutkan jam tepatnya. Anda juga dapat menggunakan Asisten Google untuk menjadwalkan berapa lama waktu agar lampu tetap menyala, seperti “nyalakan lampu selama 15 menit”.

Berikut Tata Cara Menggunakan Asisten Google:
Penting: Fitur ini saat ini tidak tersedia dalam semua bahasa atau negara, dan bahasa yang bisa Anda gunakan bergantung pada perangkat.

Misalnya, Anda bisa mengucapkan:

Untuk melakukan ini: Ucapkan “Ok Google”, lalu:
Menyalakan atau mematikan lampu “Nyalakan atau matikan <nama lampu>”
Meredupkan lampu “Redupkan <nama lampu>”
Menyalakan atau mematikan lampu “Nyalakan atau matikan <nama lampu>”
Mencerahkan lampu “Cerahkan <nama lampu>”
Mengatur kecerahan lampu ke persentase tertentu “Atur kecerahan <nama lampu> ke 50%”
Meredupkan atau mencerahkan lampu dengan persentase tertentu “Redupkan <nama lampu> sebesar 50%”

“Cerahkan <nama lampu> sebesar 30%”

Mengubah warna lampu “Ubah <nama lampu> menjadi hijau”
Menyalakan atau mematikan semua lampu di ruangan “Nyalakan atau matikan lampu di <nama ruangan>”
Menyalakan atau mematikan semua lampu “Nyalakan atau matikan semua lampu”

Tetapi tampaknya fitur tersebut masih dalam proses, mengingat beberapa laporan seperti di Reddit yang mengatakan perintah untuk membatalkan jadwal tidak bisa merespon/berfungsi. Meski demikian, berdasarkan dokumentasi smart home Asisten Google, sepertinya hanya masalah waktu saja fitur ini bisa digunakan sesuai fungsinya di kemudian hari.(kl)

%d bloggers like this: