Bagaimana 5G Akan Pengaruhi Internet Seluler dan Aplikasi yang Kita Gunakan?

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Kebanyakan orang tentunya sudah mengetahui kecepatan jaringan 3G dan 4G karena kedua teknologi ini telah mengiringi munculnya internet seluler. Tetapi generasi baru telah di hadir yaitu 5G. Ini adalah konektivitas jaringan generasi kelima dan menjanjikan banyak perubahan.

Dalam istilah yang paling mendasar, 5G akan menjadi protokol telekomunikasi tercepat. Ini akan memberikan latensi yang jauh lebih rendah dan kecepatan tinggi. Bahkan, 5G menjanjikan kecepatan pengunduhan data hingga 10 gigabit per detik. Itu lebih cepat daripada kebanyakan akses internet kabel dan tentu saja lebih cepat daripada kebanyakan kecepatan broadband yang ada saat ini.

Seperti ditulis pada Android Headlines, akses seluler generasi kelima ini akan memberikan kecepatan tinggi, tetapi apa artinya itu bagi konsumen atau pengguna 5G? Berikut ini beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh pengguna:

1. The Internet of Things

Internet of things atau IOT adalah konsep di mana peralatan sehari-hari yang digunakan, seperti termostat, lemari es, dan kendaraan selalu terhubung ke internet. Peralatan tersebut dapat berbagi data dan kehidupan kita dapat lebih ditingkatkan.

Misalnya, jika sistem pendingin di rumah terhubung ke internet, maka perangkat dapat dengan cepat melaporkan penggunaan dan data suhu ke server pusat. Jaringan listrik kemudian dapat menggunakan AI untuk beradaptasi dengan lonjakan atau penurunan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Dengan adanya 5G, latensi rendah adalah koneksi yang jauh lebih stabil, sehingga akan memungkinkan koneksi luas dari perangkat tersebut.

2. Kinerja Komputasi Awan Menjadi Meningkat

Komputasi awan telah menjadi hal yang populer, tetapi salah satu masalah terbesar dengan komputasi awan adalah latensinya terlalu tinggi. Ini berarti transfer data menjadi lebih lambat, dan tentunya akan sangat membatasi ukuran dan kompleksitas aplikasi yang dapat disimpan di cloud.

Dengan hadirnya teknologi 5G, semua itu akan berubah sangat cepat. Setelah 5G menjadi koneksi utama, aplikasi yang jauh lebih kompleks dapat disimpan dan dikirim melalui layanan cloud.

Gaming dengan latensi rendah akan booming dan populer karena orang dapat akan mendapatkn pengalaman gaming yang jauh lebih lancar. Suara dan video definisi sangat tinggi, disamping itu latensi rendah akan sangat meningkatkan pengalaman bermain game.experience.

3. Meningkatnya Kinerja Voice Over IP

VoIP adalah bentuk populer komunikasi peer to peer, tetapi kelambatan dan latensi yang lebih tinggi menyebabkan sering putus dan jeleknya kualitas suara. Ini sangat jelas terlihat dalam panggilan video di mana ada gangguan pada tampilan video. Oleh karena itu, dengan adanya 5G secara efektif akan membuat masalah ini menjadi sebuah masa lalu karena latensi yang jauh lebih rendah.

Kita telah hidup dengan koneksi 4G selama beberapa tahun, sekarang merupakan saatnya untuk berpindah ke tingkat berikutnya. 5G akan mewakili perubahan seismik dalam bagaimana data dapat disampaikan dan meningkatnya pengalaman konsumen. Ini termasuk game, komputasi awan, streaming media, VoIP, dan Internet of Things.(hh)