Facebook Luncurkan Sistem Pembayaran Baru yang Berfungsi di Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Facebook meluncurkan layanan pembayaran baru pada hari Selasa kemarin yang akan memungkinkan pengguna aplikasi Instagram, WhatsApp dan Messenger mengirim dan menerima uang. Selain itu tentunya dapat juga digunakan sebagai alat pembayaran.

Seperti dilansir Business Insider, layanan Facebook Pay mirip dengan Venmo, Google Wallet dan Apple Pay, yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer uang langsung dari rekening bank atau kartu kredit mereka. Selain Itu juga dapat digunakan sebagai pembayaran di Facebook Marketplace. Namun, Facebook Pay tidak mengenakan biaya dan tidak akan menyimpan uang di akun secara online.

Mungkin sebagian besar orang sudah mengetahui bahwa Facebook Messenger telah memiliki layanan yang disebut Payments (Pembayaran) yang memungkinkan orang untuk mengirim uang dari rekening bank mereka, tetapi itu tidak mendukung penggunaan kartu kredit.

Sementara Facebook Pay akan digunakan dengan sebagian besar kartu kredit yang ada saat ini, seperti Visa dan Mastercard. Pengguna juga dapat menghubungkannya dengan akun PayPal. Facebook menjelaskan bahwa PayPal, Stripe dan mitra internasional lainnya akan dapat memproses pembayaran untuk Facebook Pay.

Facebook Pay saat ini baru tersedia di Amerika Serikat dan hanya untuk Facebook dan Facebook Messenger. Selanjutnya akan diluncurkan di Instagram dan WhatsApp. Walaupun pengguna harus masuk ke salah satu aplikasi ini untuk menggunakan Facebook Pay, mereka tidak memerlukan akun Facebook untuk menggunakan layanan ini.

Facebook Pay akan memberikan riwayat transaksi dan detail pembayaran di semua aplikasi milik Facebook, tetapi tidak akan terlihat oleh publik kecuali penggunanya memilih untuk membaginya. Data kartu kredit akan dienkripsi dan pengguna Facebook Pay dapat memilih untuk mengunci akun mereka dengan pin. Namun, Facebook mengatakan bahwa data yang dikumpulkan dari transaksi Facebook Pay dapat digunakan untuk iklan di masa depan.

Facebook Pay harus ditambahkan ke setiap aplikasi satu per satu, sehingga tidak akan secara otomatis muncul di WhatsApp jika pengguna mengatur Facebook Pay di Facebook terlebih dahulu. Facebook Pay juga akan diterima sebagai pembayaran di Facebook Marketplace.

Facebook mengatakan bahwa Facebook Pay tidak ada kaitannya dengan rencana mereka untuk meluncurkan mata uang digital bernama Libra. Sementara Facebook ingin Libra menjadi alternatif bagi dolar Amerika dan mata uang nasional lainnya di masa depan. Mereka juga mengatkan bahwa pembayaran Facebook akan bergantung pada infrastruktur keuangan dan kemitraan yang ada.(hh)