Tidak Aktif Selama 2 Tahun Semua Konten Pengguna Google Akan Dihapus

logo huawei

Google baru-baru ini mengumumkan kebijakan penyimpanan baru untuk pengguna layanan Gmail, Google Photos, dan Google Drive. Dalam kebijakan baru yang diumumkan, Google menegaskan kepada pengguna bahwa jika tidak aktif selama 2 tahun semua konten dapat dihapus tanpa memerlukan izin pemilik akun kecuali pengguna mengikuti aturan terbaru. Kebijakan penyimpanan ini mulai berlaku tahun depan.

“Baru-baru ini kami mengumumkan kebijakan penyimpanan baru untuk Akun Google yang menggunakan Gmail, Google Drive (termasuk file Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, Gambar, Formulir, dan Jamboard) dan Google Photos yang membuat kami sejalan dengan praktik industri”, Google menjelaskan dalam email yang dilihat oleh Express.co.uk.

Dilansir dari situs Express.co, pengguna yang tidak mematuhi kebijakan baru akan melihat konten pribadi mereka dihapus dari server Google. Google akan terlebih dahulu mengirimkan pemberitahuan melalui email sebelum menghapus semua konten.

“Jika Anda tidak aktif selama 2 tahun (24 bulan) di Gmail, Drive, atau Google Photos, kami dapat menghapus konten di produk yang Anda nonaktifkan. Jika Anda melebihi penyimpanan Anda batas selama 2 tahun, kami dapat menghapus konten Anda di Gmail, Drive, dan Foto” kata Google dalam isi pemberitahuannya.

Aturan baru ini akan berlaku mulai 21 juni 2021 dan akan sepenuhnya diterapkan paling cepat 1 Juni 2023. Pengguna masih memiliki waktu dua tahun untuk mengaktifkan akunnya.

Anggota Google One yang tidak memiliki kuota penyimpanan dan memiliki reputasi baik juga tidak akan terpengaruh oleh kebijakan baru terkait akun tidak aktif ini. Setiap Akun Google akan terus mendapatkan 15 GB penyimpanan gratis di Gmail, Drive, dan Photos.

Setelah lima tahun menawarkan kepada penggunanya pencadangan foto gratis dalam format “kualitas tinggi” terkompresi, Google Photos sekarang akan mulai mengenakan biaya untuk paket penyimpanan setelah pengguna mengisi kapasitas 15GB gratis yang disertakan dengan setiap Akun Google. Perubahan ini berlaku mulai 1 Juni 2021. Jadi, pengguna memiliki beberapa bulan lagi untuk memanfaatkan penawaran gratis tanpa batas dan mencadangkan foto-fotonya.

“Hari ini, lebih dari 4 triliun foto disimpan di Google Photos, dan setiap minggu 28 miliar foto dan video baru diunggah. Karena begitu banyak dari Anda yang mengandalkan Google Photos untuk menyimpan kenangan Anda, penting bahwa ini bukan hanya produk hebat, tetapi juga terus memenuhi kebutuhan Anda dalam jangka panjang. Untuk menyambut lebih banyak kenangan Anda dan membangun Google Foto untuk masa depan, kami mengubah kebijakan penyimpanan Kualitas Tinggi tanpa batas” imbuh Google.(na)