Cara Keringkan Handphone Yang Terendam Banjir

logo huawei

Banjir kali ini merendam beberapa titik di Indonesia, khususnya ibu kota. Akibatnya tak sedikit harta benda yang hilang atau rusak akibat terendam air, contohnya handphone. Lalu, bagaimana cara mengeringkan ponsel yang terkena air akibat banjir?

Meski saat ini sudah mulai banyak produsen yang memproduksi smartphone dengan kemampuan tahan air, namun tetap memiliki batas toleransi untuk terendam air berlumpur. Bahkan masih banyak produsen yang tidak dibekali dengan kemampuan seperti itu. Oleh karenanya, air merupakan musuh utama bagi pemilik smartphone.

Dilansir dari archyde, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeringkan HP yang terkena air akibat banjir.

1. Matikan Handphone

Apabila melihat handphone terendam air maka segera angkat dan matikan, karena perbedaan beberapa detik saja dapat menentukan hidup-mati handphone kedepannya. Segera matikan handphone untuk menghindari korsleting.

2. Lepaskan Case Handphone, Baterai dan Bagian Lain

Lepaskan case handphone lalu keluarkan baterai (jika handphone model lama), kartu SIM, MicroSD dan aksesoris yang menempel. Jangan pernah dipasang lagi apabila komponen-komponen handphone masih belum benar-benar kering.

3. Keringkan dengan Kain

Keringkan bagian-bagian yang masih menempel di handphone serta bagian yang sudah terlepas. Untuk hasil maksimal, gunakan alat penyedot debu untuk mengeringkan celah-celah. Jangan goyang-goyang handphone saat mengeringkan, supaya air tidak bergerak kesana kemari.

4. Rendam dengan Beras atau Silica Gel

Tidak hanya beras, silica gel juga bisa kamu gunakan untuk mengeringkan smartphone yang tercebur air. Silica gel memang mampu mengerikan perangkat dengan menyerap kelembapannya.

Selain itu, khusus untuk perangkat elektronik, silica gel dipercaya mampu untuk mencegah kondensasi alias pengembunan.

Lantas, bagaimana cara mengeringkan HP yang telah terendam dalam air? Pastikan HP anda dalam keadaan mati. Kemudian, letakkan saja HP kamu di tumpukan silica gel. Diamkan selama dua hingga tiga hari. Sebelum dinyalakan, pastikan HP anda sudah tidak basah lagi.

Nah, itulah cara-cara yang harus dilakukan ketika HP kemasukan air, terutama saat banjir.(kl)

%d bloggers like this: