WhatsApp Akan Berhenti Berfungsi Jika Pengguna Tolak Aturan Kebijakan Privasi Baru

logo huawei

WhatsApp mengumumkan pada bulan Januari bahwa kebijakan privasi yang diperbarui akan berlaku mulai 15 Mei 2021. Perusahaan mengatakan penggunanya akan kehilangan akses ke semua fitur penting jika pengguna tidak menyetujui kebijakan privasi baru.

Menurt laporan dari TechCrunch, WhatsApp menyatakan bahwa pengguna yang tidak menerima perubahan sebelum 15 Mei 2021 tidak dapat membaca atau mengirim pesan dari aplikasi untuk sementara waktu.

“Pengguna yang tidak menyetujui kebijakan privasi baru nantinya tidak dapat membaca atau mengirim pesan dari aplikasi untuk sementara waktu. Pengguna hanya akan menerima panggilan dan pemberitahuan,” kata WhatsApp melalui laman FAQ resminya.

Dilansir dari situs Sea.mashable, perusahaan memberikan tenggat waktu bagi pengguna yang menolak kebijakan privasi baru selama 120 hari kedepan untuk menggunakan aplikasi, namun pada akhirnya fitur-fitur tersebut akan hilang.

TechCrunch juga melaporkan bahwa di dalam email tersebut menyertakan tautan ke halaman FAQ yang dibuat oleh WhatsApp, kemudian menjalankan perincian serta opsi bagi pengguna yang tidak ingin menerima kebijakan privasi baru. Sebelum 15 Mei 2021, pengguna dapat menghapus akun, mengunduh laporannya, dan mengekspor riwayat obrolan.

“Persyaratan terbaru dan pembaruan kebijakan privasi tidak memengaruhi pesan pribadi. Perubahan tersebut terkait dengan fitur bisnis opsional di WhatsApp, dan memberikan transparansi lebih lanjut tentang cara kami mengumpulkan dan gunakan data,” kata WhatsApp dalam postingan blognya.

WhatsApp awalnya berencana untuk menerapkan perubahan ini pada 8 Februari 2021, tetapi setelah menerima reaksi dari pengguna, perusahaan menunda memberlakukan kebijakan barunya.

“Kami telah mendengar dari begitu banyak orang betapa banyak kebingungan seputar pembaruan kami baru-baru ini. Ada banyak informasi yang salah yang menyebabkan kekhawatiran dan kami ingin membantu semua orang memahami prinsip dan fakta kami,” tambah WhatsApp.

Dengan semua informasi yang telah dirilis perusahaan seputar perubahan baru, mungkin yang terbaik bagi pengguna WhatsApp meluangkan waktu untuk membaca dengan cermat semua kebijakan privasi baru tersebut.(na)

%d bloggers like this: