Cara Pastikan Ekstensi Browser Aman

logo huawei

Ekstensi browser bisa sangat berguna, menutup celah dalam fungsionalitas, menambahkan fitur dan opsi baru yang keren, dan umumnya hanya membuat pencarian informasi di web lebih nyaman.

Seperti dilansir dari Wired, pada saat yang sama ekstensi browser berpotensi menjadi risiko keamanan yang serius—banyak yang meminta untuk melihat semua yang Anda lihat secara online, beberapa mengubah pengaturan kunci di dalam browser Anda, dan mereka dapat beroperasi dan berkomunikasi dengan pengembang mereka (atau dengan pengiklan atau pihak lain) di latar belakang tanpa sepengetahuan Anda.

Kami tidak ingin mencegah Anda menggunakan ekstensi favorit Anda, tetapi Anda harus memastikan bahwa ekstensi yang Anda gunakan aman.

Pertama, semua aturan yang biasa berlaku: Perbarui komputer Anda dan aplikasinya. Jalankan pemindaian malware. Itu akan sangat membantu meminimalkan risiko yang ditimbulkan oleh ekstensi yang berpotensi memiliki malware.

Bagaimana Mengenali Ancaman Lebih Awal

Mengidentifikasi ekstensi browser yang buruk bukanlah ilmu pasti, tetapi ada beberapa petunjuk umum yang harus diikuti. Selalu lakukan riset sebelum memasang add-on, periksa ulasan dari pengguna lain dan ulasan di web.

Lihat kapan ekstensi terakhir diperbarui, karena apabila telah sangat lama tidah ada pembaharuan dan telah kedaluwarsa bisa jadi kurang aman, dan cari indikasi bahwa apakah add-on telah berpindah tangan baru-baru ini.

Penting untuk memastikan bahwa ekstensi yang Anda pasang berasal dari repositori resmi, seperti Toko Web Chrome atau portal Pengaya Peramban Firefox. Ini memberi Anda beberapa tingkat kepastian bahwa perangkat lunak yang Anda instal adalah sah dan aman, jadi berhati-hatilah dengan ekstensi yang Anda temukan di tempat lain.

Kami tidak mengatakan bahwa pengaya baru yang belum ditinjau dari pengembang yang tidak dikenal itu buruk, tetapi Anda harus ekstra hati-hati terhadapnya—cari informasi tentang perusahaan atau orang di balik ekstensi tersebut. Bagaimana pendanaan ekstensi terebut. Kemudian petunjuk apa yang bisa Anda dapatkan dari situs web yang ditautkan pada halaman daftar ekstensi, apakah kita bisa melihat informasi yang benar pada situs webnya?

Kemudian periksa kembali izin yang diminta oleh add-on. Dalam beberapa kasus, mereka akan terdaftar pada halaman ekstensi di web, Anda tidak akan melihatnya sampai Anda menginstal perangkat lunak. Waspadai permintaan izin apa pun yang tampaknya tidak masuk akal atau aneh dan mengingat apa yang seharusnya dilakukan oleh add-on.(hh)

%d bloggers like this: