Isi Harddisk Ini Bisa di Hapus Dari Jarak Jauh Oleh Peretas

logo huawei

Perangkat penyimpanan yang terpasang ke jaringan (NAS) adalah hard drive eksternal dengan konektivitas jaringan. Mereka pada dasarnya adalah tempat penyimpanan cloud pribadi yang dapat Anda atur di rumah Anda untuk mengakses file Anda dari jarak jauh.

Perangkat itu nyaman digunakan, tetapi jika Anda menggunakan drive My Book Live dan My Book Live DUO NAS dari Western Digital, Anda harus segera memutuskan sambungan dari wifi Anda untuk menjaga keamanan data Anda dari peretas.

Seperti dilansir dari Life Hacker ada banyak laporan dari pengguna dimana seseorang dari luar dapat menggunakan aplikasi WD My Book Live untuk mengakses drive NAS dari jarak jauh. Begitu mereka masuk, peretas mencuri file yang disimpan dan kemudian melakukan reset pabrik yang menghapus semua data yang tersimpan. Data tidak dapat dipulihkan setelah pengaturan ulang sistem, menjadikan ini serangan yang sangat berbahaya.

Biasanya, pengguna akan mengharapkan patch keamanan untuk memperbaiki masalah yang parah ini. Sayangnya, Western Digital berhenti mendukung drive NAS untuk model tertentu pada tahun 2015, dan perangkat tersebut belum menerima pembaruan firmware baru sejak itu. Hal ini menjelaskan mengapa kerentanan tersebut muncul. Pihak Western Digital melalui pernyataan resminya di website mereka mengatakan bahwa tidak aka nada pembaharuan.

Seperti tertulis di situs web Western Digital, mereka telah menentukan bahwa beberapa perangkat My Book Live disusupi oleh perangkat lunak berbahaya. Dalam beberapa kasus, kompromi ini menyebabkan adanya proses reset pabrik yang tampaknya menghapus semua data pada perangkat.

Selanjutnya pihak Western Digital mengatakan bahwa Perangkat My Book Live menerima pembaruan firmware terakhir pada tahun 2015. Mereka juga menyatakan bahwa mereka memahami bahwa data pelanggan sangat penting. Jadi mereka hanya menyarankan konsumennya untuk memutuskan koneksi My Book Live dari internet untuk melindungi data di perangkat.

Mereka juga menyarankan para pengguna harus segera memeriksa drive mereka. Jika layar masuk dasbor mengatakan “kata sandi tidak valid, tetapi password yang dimasukkan benar. Ini tandanya seseorang telah menghapus isi drive.

Jika pengguna masih dapat masuk dan data pengguna masih tersedia, maka pengguna harus segera menghapus drive pengguna dari jaringan untuk mencegah serangan. Meskipun pengguna nantinya tidak akan dapat mengakses drive dari jarak jauh, pengguna dapat menghubungkannya langsung ke PC atau laptop dengan kabel Ethernet.

  • Matikan koneksi wifi komputer Anda.
  • Hubungkan komputer dan drive NAS dengan kabel Ethernet.
  • Hidupkan Kembali komputer Anda.
  • Lampu drive NAS akan menyala dan muncul di perangkat penyimpanan PC Anda.
  • Jika Anda mengalami masalah, kunjungi halaman dukungan di situs web Western Digital untuk bantuan lebih lanjut.(hh)