DuckDuckGo Luncurkan ‘Perlindungan Email’ Untuk Hapus Pelacak Dari Email

logo huawei

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings on Privacy Enhancing Technologies pada tahun 2018, 70 persen email yang di terima pengguna berisi pelacak. Perusahaan biasanya menyimpan alat pengumpulan data ini dalam gambar atau ikon. Satu-satunya cara efektif untuk menghindarinya adalah dengan mematikan gambar yang disematkan di pengaturan email Anda.

Seperti dilansir dari Techspot, pada hari Selasa, mesin pencari yang berfokus pada privasi DuckDuck Go mengumumkan layanan baru yang melindungi privasi pengguna dengan menghapus pelacak dari email. Perlindungan Email ini memberikan pengguna sebuah “Alamat Pribadi” yang menghapus item pengumpulan data tersembunyi seperti pelacakan piksel dalam gambar kemudian meneruskannya ke kotak masuk, baik itu Yahoo, Gmail, atau lainnya.

Perlindungan Email DuckDuckGo adalah proses otomatis yang tidak membaca atau menyimpan email Anda. Fitur perlindungan email ini akan membasmi email yang berisi pelacak kemudian menghapusnya, mengirim email ke alamat biasa Anda, lalu secara permanen menghapus email dari servernya. Fitur ini juga akan memberi tahu Anda jenis dan jumlah pelacak yang dihapus dari setiap email.

Selain itu, saat menggunakan aplikasi atau ekstensi DuckDuckGo, pengguna dapat menganonimkan alamat email mereka dengan membuat Alamat Pribadi yang diacak untuk digunakan dengan situs dan layanan yang mungkin ingin mengirim spam atau berbagi data email dengan pihak ketiga.

Akun anonim sesuai permintaan pengguna ini kemudian meneruskan pesan ke kotak masuk utama Anda seperti Alamat email biasa. Namun, ini dimaksudkan sebagai akun sekali pakai. Pengguna dapat menonaktifkannya kapan saja jika spam lepas kendali.

Perlindungan Email saat ini dalam status beta sementara DuckDuckGo menyelesaikan masalah. Akun gratis, tetapi ada daftar tunggu untuk bergabung. Untuk meminta alamat, buka pengaturan di aplikasi DuckDuckGo iOS atau Android (atau ekstensi browser DDG) dan pilih Beta Features->Email Protection, lalu klik “Join the Private Waitlist.”

Aplikasi ini juga akan membuat stempel waktu yang hanya ada di perangkat Anda. Saat giliran Anda, DuckDuckGo akan menghubungi Anda dengan instruksi tentang cara mengklaim alamat email Anda.(hh)