Twitch Alami Lonjakan Penonton, Kalahkan YouTube dan Facebook Gaming

logo huawei

Ditengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dan membuat hampir seluruh dunia mengalami lockdown. Banyak masyarakat memilih untuk menonton acara live streaming untuk terhubung dengan orang lain dan mengisi kebosanan mereka dirumah.

Berbagai platform live streaming diketahui mengalami peningkatan seperti Twitch yang mencatat rekor penayangan pada kuartal pertama 2021, dengan perolehan jam tayang terbanyak.

Penyedia perangkat lunak live streaming StreamLabs merilis laporan triwulanan industri streaming pertamanya untuk tahun 2021 pada hari Jumat (9/4). Mereka menggunakan data yang dikumpulkan oleh perusahaan analitik streaming Stream Hatchet dari awal Januari hingga akhir Mare 2021.

Dilansir dari situs Gizmodo, layanan live streaming Twitch menguasai sebagian pasar dengan lebih dari 72 persen dari total jam konten yang ditonton. Sementara itu, Facebook Gaming hampir mendekati YouTube Gaming untuk layanan streaming paling populer nomor dua.

StreamLabs mengatakan bahwa semua penayangan dan jumlah saluran yang ada di Twitch mengalami peningkatan hingga dua kali lipat. Twitch memecahkan rekor pemirsa untuk kuartal kedua berturut-turut dengan pengguna menonton konten 6,3 miliar jam, meningkat hampir 1 miliar jam dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Platform ini juga mengalami peningkatan kuartalan terbesar dalam jam yang dialirkan sejak hari-hari awal pandemi, melonjak dari sekitar 230 juta jam menjadi 265 juta jam.

Kategori paling populer “Just Chatting” mengumpulkan 754 juta jam kekalahan di Q1 tahun ini. Kemudian Grand Theft Auto V, game yang paling banyak ditonton di Twitch pada tahun 2021, memiliki 536,3 juta jam dengan League of Legends tidak jauh di belakang dengan 534 juta.

Facebook Gaming dan YouTube Gaming yang dimiliki oleh Google terus tertinggal jauh di belakang Twitch, tetapi jarak di antara keduanya dengan cepat menyempit. Facebook mencapai tonggak sejarah yang mengesankan pada kuartal terakhir ini, melampaui satu miliar jam ditonton untuk pertama kalinya, hampir dua kali lipat dari total penayangan yang dikumpulkan platform sekitar waktu ini tahun lalu.

“Untuk pertama kalinya, kami melihat Facebook Gaming dan YouTube Gaming bersaing ketat satu sama lain dalam hal penayangan,” kata kepala produk StreamLabs Ashray Urs dalam laporannya.

“Meskipun perbedaan dalam penayangan kira-kira 1 miliar jam pada kuartal lalu, kesenjangan itu telah menyusut menjadi sekitar 300 juta di Kuartal 1. Ada kemungkinan kami bisa melihat Facebook Gaming mengambil alih penayangan YouTube Gaming pada kuartal berikutnya,” tambahnya.

StreamLabs mengaitkan banyak dari kesuksesan itu ke PUBG Mobile, kategori game Facebook Gaming yang paling banyak ditonton setidaknya selama dua tahun terakhir. Pengguna menonton streaming langsung PUBG Mobile selama 254 juta jam di Q1, peningkatan yang mengesankan dari tahun ke tahun sebesar 76 persen.

YouTube Gaming adalah satu-satunya platform dari tiga besar yang mengalami penurunan penayangan pada kuartal ini, turun 28,6 persen dari 1,92 miliar jam menjadi 1,37 miliar jam. Baik jumlah jam streaming maupun saluran uniknya juga turun, meskipun tidak banyak.

Kinerja YouTube Gaming tidak terlalu buruk, karena total penayangan dan rata-rata penayangan serentak keduanya meningkat sekitar 28 persen. Platform ini juga menjadi rumah bagi streamer wanita paling populer di semua platform seperti Valkyrae, yang kontennya ditonton pemirsa selama 12,2 juta jam selama Q1 tahun ini.(na)

%d bloggers like this: