Fitur Baru ‘Hey Spotify’ Resmi diluncurkan

logo huawei

Platform pemutaran musik Spotify mengumumkan telah merilis fitur barunya yang mirip dengan Asisten Google, Alexa dan Siri. Fitur perintah suara yang diberi nama ‘Hey Spotify’ ini dapat menampilkan trek atau daftar putar favorit pengguna tanpa perlu menekan tombol dan kini sudah tersedia bagi pengguna iOS dan Android.

Dilansir dari situs The Verge, pengguna yang ingin menggunakan fitur ‘Hey Spotify’ harus membuka aplikasi agar fitur ini berfungsi. Namun jika aplikasi berjalan di latar belakang, pengguna tidak dapat menggunakan fitur tersebut.

Ketika pengguna membuka aplikasi Spotify, pengguna cukup mengucapkan ‘Hey Spotify’ dan memintanya untuk memutar lagu, tarik daftar putar, meluncurkan stasiun radio. Pengguna juga dapat meminta lewati lagu, jeda, atau putar. Selain itu perintah “Mainkan sesuatu yang saya suka” akan menarik salah satu daftar putar Daily Mix pengguna secara acak.

Fitur ini sudah ada di versi ponsel sejak satu tahun lalu, seperti yang ditemukan oleh peneliti aplikasi Jane Manchun Wong Maret lalu. Aplikasi ini akan meminta pengguna untuk memulai jika fitur tersebut sudah diluncurkan. Pengguna mungkin dapat menemukan tombol tersebut secara manual di bawah Pengaturan> Izin mikrofon> “Hey Spotify”.

Secara khusus, Spotify tampaknya melacak peluncuran Car Thing, asisten pintar khusus Spotify untuk kendaraan yang dilaporkan menyertakan perintah suara “Hey Spotify” pada Januari 2019.

Kebijakan privasi Spotify untuk penggunaan data suara menyatakan bahwa pihaknya hanya menyimpan rekaman dan transkripsi pencarian yang pengguna lakukan saat mengetuk tombol suara atau mengucapkan frasa bangun.

Fitur tersebut tidak benar-benar menambahkan fungsi apa pun selain mengaktifkan penelusuran suara Spotify sendiri untuk penggunaan hands-free. Menggunakan “Hai Google” atau “Hai Siri” di Android atau iOS sama mudahnya untuk meminta Spotify mendengarkan artis, playlist, podcast, atau album. Spotify berharap bahwa pengguna akan lebih cenderung menggunakan pencarian suara bawaan Spotify jika memiliki kata bangun untuk mengaktifkannya.

Fitur pencarian suara Spotify pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 untuk pengguna di Spotify Premium dan bukti frase bangun Hey Spotify terlihat pada awal Maret 2020.(na)