Jika Anda Pengguna iPhone Segera Lakukan Pembaharuan

logo huawei

Pemilik iPhone, iPad dan Apple Watch didesak untuk memperbarui perangkat mereka setelah kerentanan keamanan kritis ditemukan oleh Apple. Perusahaan raksasa teknologi tersebut telah meluncurkan iOS 14.4.2 dan untuk jam tangan pintarnya OS 7.3.3 untuk mengatasi masalah tersebut, yang memungkinkan situs web berbahaya berpotensi terlibat dalam skrip lintas situs.

Pada dasarnya, mendapatkan akses ke aplikasi lain dan data sensitif. Dalam dokumen dukungan keamanan, Apple menyebutkan bahwa kerentanan telah ‘dieksploitasi secara aktif’ – artinya ini bukan hanya kelemahan teoretis.

“Memproses konten web perusak yang berbahaya dapat menyebabkan pembuatan skrip lintas situs universal,” tulis Apple seperti dikutip dari metro.co.uk.

Peneliti keamanan telah melihat adanya ancaman tersebut dan mengonfirmasikan bahwa itu memengaruhi berbagai produk Apple. Ini termasuk iPhone 6s dan yang lebih baru, semua model iPad Pro, Apple Watch Series 3 dan lebih baru dan bahkan iPod Touch.

Pengguna iPhone dapat memperbarui produk Apple apa pun dengan mencari opsi Pembaruan Perangkat Lunak di dalam menu Pengaturan. Jika Anda belum memperbaruinya, kami sarankan Anda segera melakukannya.

Seperti dilansir dari Techrada disebutkan dalam catatan patch Apple, eksploit tersebut ditemukan oleh tim Project Zero Google dan memengaruhi WebKit – mesin browser yang digunakan Apple untuk membuat Safari.

Untuk pengguna iPhone dan iPad, ini akan membawa OS ke versi 14.4.2 (sebelum rilis iOS 14.5 mendatang), dan versi OS Apple Watch ke 7.3.3.

Untuk sebagian besar pengguna, pembaruan ini akan hadir secara otomatis, tetapi jika Anda memeriksa versi OS perangkat Anda dan melihat itu tidak cocok dengan yang di atas, Anda harus memperbarui perangkat Anda secara manual ke versi terbaru melalui Pengaturan> Umum> Pembaruan Perangkat Lunak.

Apple telah memberikan daftar perangkat yang kompatibel, yang akan kami cantumkan di bawah ini:

  • iPhone 6s dan versi lebih baru
  • iPad Pro (semua model)
  • iPad Air 2 dan lebih baru
  • iPad generasi ke-5 dan lebih baru
  • iPad mini 4 dan lebih baru
  • iPod touch (generasi ke-7)
  • Apple Watch Series 3 dan lebih baru

Meskipun hanya sebagian kecil dari kerentanan keamanan yang benar-benar dieksploitasi, merupakan praktik yang baik untuk menerapkan tambalan keamanan dari perusahaan teknologi segera setelah tersedia sehingga peretas tidak pernah mendapat kesempatan.(hh)