Fitur Reels Instagram Sudah Hadir di Lebih dari 50 Negara

logo huawei

Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan dan sangat populer di dunia. Media sosial yang fokus pada platform berbagi foto dan video ini mampu bersaing dengan Facebook dan Twitter.

Instagram kini merilis fitur baru bernama Reels yang mirip dengan aplikasi TikTok. Pengguna Instagram dapat merekam, mengedit, berbagi dan menemukan video dengan durasi 15 detik yang didukung audio serta musik termasuk jutaan lagu yang dilisensikan dari perusahaan musik.

Dilansir dari situs web variety.com, Instagram Reels telah diluncurkan pada tanggal (5/7) di lebih dari 50 negara, termasuk Amerika Serikat, India, Prancis, Jerman, Jepang, Australia, dan Inggris. Setelah melakukan uji coba selama 9 tahun terakhir di Brazil, fitur Reels milik Instagram akhirnya debut.

“Orang-orang selalu datang ke Instagram untuk mengekspresikan diri dan dihibur, Reels akan menjadi bagian besar dari masa depan hiburan di Instagram” kata Direktur Manajemen Produk di Instagram, Tessa Lyons.

Menurut Lyons, Instagram Reels akan melengkapi fitur video aplikasi lainnya, yang terdiri dari Cerita, Live, dan IGTV untuk konten yang berbentuk lebih panjang. Instagram membatasi Reels dengan durasi 15 detik dan sama panjangnya dengan pengaturan video default TikTok meskipun TikTok memungkinkan video hingga 60 detik.

“Dengan membatasi Reels pada 15 detik itu pengguna bisa mengemas banyak ekspresi menjadi sedikit waktu” kata Lyons.

Ada puluhan juta lagu yang tersedia di Instagram Reels, perusahaan musik yang berada di bawah perjanjian lisensi yang sama dengan Facebook termasuk Universal Music Group, Warner Music Group dan Sony Music untuk video sinkronisasi bibir yang disematkan ke News Feed dan Facebook Stories.

Pengguna Instagram dapat memilih untuk membagikan video Reels mereka hanya dengan teman dan pengikut atau secara default dan akan tersedia untuk umum di area baru di bagian Jelajahi aplikasi. Reels yang ditampilkan di Explore akan menampilkan budaya trending terbaik di Instagram dalam umpan vertikal yang dipersonalisasi.

“Instagram juga akan mengumpulkan Reels yang akan menyertakan label ‘Unggulan’, diambil dari postingan publik untuk membantu pengguna menemukan konten asli yang kami harap akan menghibur dan menginspirasi Anda,”tambah Lyons.

Selain klip lagu, pengguna Instagram dapat merekam audio mereka sendiri dari mikrofon ponsel mereka. Klip audio asli tersebut kemudian dapat dibagikan dan dikaitkan dengan pembuat konten aslinya untuk Reels dan bisa di-remix ke dalam video mereka, ala TikTok.

Instagram bekerja dengan studio-studio Hollywood dan perusahaan hiburan lainnya untuk berbagi klip audio asli. Perwakilan Instagram menolak memberikan detail tetapi mereka mengatakan “Kami bekerja dengan mitra TV dan film kami di studio besar dan independen untuk membuat klip audio mereka tersedia untuk pengguna Reels untuk diluncurkan.”

Untuk saat ini, Reels Instagram tidak akan menyertakan iklan meskipun Lyons mengatakan Instagram secara teratur mengeksplorasi bentuk monetisasi baru.(na)