Google Luncurkan Fitur Baru Mirip AirDrop di Android

logo huawei

Setelah melakukan uji coba, Google meluncurkan fitur baru yang bisa di gunakan untuk berbagi file, gambar, tautan, dan konten lainnya antar perangkat Android. Fitur berbagi file yang disebut Nearby Share dengan fungsi untuk berbagi secara langsung dengan perangkat Android versi 6.0 dan yang lebih terbaru. Nearby Share sudah tersedia di beberapa ponsel Pixel dan Samsung. Google juga mengatakan dalam beberapa minggu ke depan fitur ini akan segera datang di perangkat lainnya.

Mirip dengan AirDrop dari Apple, fitur Nearby Share yang dulu bernama Fast Share dipakai untuk berbagi file seperti, foto, video, hingga musik. Jika pengguna ingin memakai fitur ini hanya perlu memilih tombol Nearby Share di menu ‘share’ dan menunggu ponsel yang berada disekitar anda muncul. Kemudian, apa pun yang anda bagikan akan langsung terkirim lewat cara transfer yang anda pilih ke ponsel lain.

Seperti halnya AirDrop, pengguna bisa mengatur visibilitas dan aksesibilitas di Nearby Share sesuai keinginan ke beberapa tingkatan kontak seperti semua, beberapa, atau tersembunyi. Google juga menambahkan bahwa pengguna bisa mengirim dan menerima file secara anonym.

Nearby Share juga dapat membagikan file secara langsung melalui metode yang dianggap paling cepat seperti Bluetooth, Bluetooth Low Energy, WebRTC atau peer-to-peer Wi-Fi dan memungkinkan pengiriman dilakukan secara offline.

Beberapa bulan kedepan, Nearby Share akan berfungsi untuk sesama ponsel Andorid dan akan berfungsi juga untuk Chromebooks, namun fitur ini tidak bisa digunakan untuk mengirim ke perangkat iOS, Macs, atau perangkat Windows. Seorang juru bicara Google mengatakan “Ada rencana untuk mengembangkan fitur ini ke platform-platform lainnya di masa mendatang.”

Apple memperkenalkan AirDrop di iPhone dan Mac di tahun 2011, tepat 9 tahun yang lalu. Sejak itu, Android telah mencoba dan melalui berbagai literasi dan ide yang berbeda mengenai file sharing, tapi tidak ada yang mendekati simpel dan nyamannya menggunakan AirDrop. Dan juga, hanya sedikit dari solusi tersebut yang diadopsi secara universal oleh semua produsen Android.

Google mengatakan mengatakan bahwa fiturnya akan ditambahkan ke ponsel Android lewat Google Play Store, alih-alih lewat pembaruan OS.

Icon untuk Nearby Share terlihat seperti beberapa utas atau kabel yang saling terkait. Saat fitur tersebut sudah tersedia di ponsel anda, anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan ketersediaan perangkat lewat pengaturan cepat.(ns/hh)