Google Buat Perubahan Besar Pada Setiap Akun Penggunanya

logo huawei

Jika Anda menggunakan Gmail untuk mengirim email ke teman dan keluarga, akun Anda akan mengalami perubahan besar dalam beberapa hari mendatang. Google telah mengumumkan pada awal tahun ini bahwa hal itu akan mengalihkan jutaan pengguna ke cara baru dan lebih aman untuk masuk ke akun mereka dan sekarang tampaknya peningkatan ini sudah mulai dekat.

Laporan ini membanjiri dan menyatakan bahwa Google akan segera meminta pengguna untuk menggunakan sistem Verifikasi 2 langkah baru pada bulan ini dengan beberapa akun diperbarui segera pada 9 November.

Jika Anda belum mengetahuinya, Verifikasi 2 Langkah membuat segalanya jauh lebih aman karena Anda memerlukan lebih dari sekadar kata sandi untuk mengakses akun.

Definisi dari Verifikasi 2 langkah ini sendiri adalah proses keamanan di mana pengguna menyediakan dua faktor otentikasi yang berbeda untuk memverifikasi diri mereka sendiri. Hal ini diimplementasikan untuk melindungi kredensial pengguna dan sumber daya yang dapat diakses pengguna dengan lebih baik.

Gambaran Verifikasi 2 langkah pada gmail ini seperti saat mencoba masuk ke kotak masuk Anda, Anda masih perlu memasukkan kata rahasia yang biasa. Tetapi Google akan mengirimkan pesan kedua, dimana biasanya ke ponsel Anda, untuk memeriksa apakah Anda benar-benar mencoba masuk (login).

Dilansir dari express.co.uk, ia menjelaskan lebih lanjut tentang keputusannya untuk mengaktifkan pembaruan keamanan ini, Google mengatakan: “Informasi pribadi di akun online sangatlah berharga bagi peretas. Pencurian kata sandi adalah cara paling umum untuk meretas akun.”

“Misalnya, pesan yang menipu atau situs yang mirip sering mengelabui orang untuk membagikan kata sandi mereka. Penipuan mencuri kata sandi ini biasa terjadi dan bahkan para ahli terkadang tertipu,” tambahnya.

“Masuk dengan kata sandi dan langkah kedua di ponsel Anda melindungi dari penipuan pencurian kata sandi. Bahkan jika seseorang mendapatkan kata sandi Anda secara online, mereka juga tidak akan memiliki ponsel Anda” tambahnya.

Tidak ada kata resmi dari Google tentang kapan semua pengguna akan diminta untuk beralih ke Verifikasi 2 Langkah, dengan perusahaan AS hanya mengatakan bahwa pengguna individu akan diberi tahu pada 7 hari sebelum perubahan diterapkan.(ra/hh)

%d bloggers like this: