Google Luncurkan RCS Chat Untuk Semua Pengguna Android

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Google telah meluncurkan RCS chat sebagai platform SMS utama di Android, peluncuran ini dilakukan setelah satu setengah tahun Google memperlihatkan RCS chat.

Seperti dilansir dari The Verge, RCS adalah singkatan dari Rich Communication Services yang akan menjadi penerus SMS. Seperti layanan SMS lainnya, layanan ini mendukung tanda terima baca, indikator pengetikan, obrolan grup yang ditingkatkan, dan gambar berkualitas tinggi.

Tidak seperti beberapa aplikasi SMS, seperti iMessage atau Signal, ia tidak menawarkan opsi enkripsi ujung ke ujung. RCS didasarkan pada nomor telepon yang dimiliki oleh pengguna, jadi ketika pengguna mengirim pesan teks dengan pengguna lain yang juga memilikinya, maka seharusnya akan aktif secara otomatis dalam bentuk chat.

Untuk mendapatkan RCS, pengguna hanya perlu menggunakan Pesan Android sebagai aplikasi default SMS di ponsel Android pengguna. Umumnya hampir semua ponsel Android yang sudah menetapkkannya sebagai default, tetapi bagi para pengguna Samsung mereka harus mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store dan kemudian menetapkannya sebagai aplikasi default.

Google meluncurkan RCS secara bertahap, seperti yang sering dilakukannya dengan fitur-fitur baru yang mereka hadirkan. Setelah pengguna memiliki Pesan Android, pengguna akan melihat opsi untuk meningkatkannya ke aktifkan fitur obrolan (enable chat features). Google akan mengaktifkan opsi itu dalam beberapa minggu mendatang dan peluncuran penuh direncanakan akan selesai pada akhir tahun.

Jadi ketika pengguna mengaktifkan RCS, yang terjadi adalah ponsel pengguna akan memperoleh kemampuan untuk memberi tahu ponsel lain bahwa ia dapat mengirim dan menerima pesan RCS. Sementara itu, server RCS juga akan membantu membuatnya bekerja.

Saat ini yang dilakukan Google dengan Pesan Android adalah membiarkan aplikasi menggunakan server Google sendiri untuk mengaktifkan RCS chat alih-alih menunggu operator ponsel untuk menggunakan server milik mereka.

Intinya adalah bahwa perutean pesan RCS lebih rumit daripada aplikasi perpesanan lain, tetapi Google bisa membuatnya lebih mudah dengan menawarkan layanan RCS secara langsung daripada menunggu operator. Itulah yang telah mereka lakukan di Inggris dan Prancis pada bulan Juni tahun ini, dan sekarang ini giliran di Amerika Serikat.

Google akhirnya melakukan apa yang seharusnya dilakukan yatu menawarkan cara yang sederhana dan universal bagi pengguna Android untuk mendapatkan pengalaman SMS yang lebih baik. Mudah-mudahan, standar ini juga nantinya akan menawarkan enkripsi end-to-end. (hh)