Pembaruan WhatsApp Baterai di Ponsel Android Jadi Boros

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Pembaruan WhatsApp baru-baru ini dilaporkan membuat baterai sejumlah ponsel Android menjadi cepat habis. Pemilik OnePlus tampaknya menjadi yang terkena dampaknya, hal ini berasal dari laporan para pengguna yang muncul di forum WhatsApp dan media sosial.

Seperti apa yang disampaikan oleh salah seorang pengguna di halaman Google Play Store WhatsApp bahwa sejak pembaruan terakhir ia tidak dapat mengunduh atau mengirim foto atau video. Layar ponsel terus memberitahukan bahwa file media tidak ada pada perangkat ini. Selain itu baterai pun menjadi sangat cepat habis, sehingga ia terpaksa harus selalu membawa powerbank kemana-mana.

Pengguna lainnya ada juga yang membagikan tangkapan layar dari penggunaan baterai mereka di Twitter dan beberapa pengguna mengklaim bahwa masa pakai baterai turun 30 persen hanya dengan penggunaan WhatsApp selama setengah jam.

Malah seorang pengguna OnePlus 5T merasa benar-benar heran ketika ia melihat statistik baterai hanya ketika mengetahui WhatsApp benar-benar menguras isi baterai ponselnya.

WhatsApp sendiri belum mengakui adanya masalah itu dan mereka juga belum memberikan penjelasan seberapa banyak orang yang terkena dampaknya. Masalah ini sepertinya tidak dianggap serius dan WhatsApp yakin bahwa masalah tersebut hanya memengaruhi perangkat OnePlus. Sementara produk Apple termasuk iPhone tidak terkena dampak masalah tersebut.

Namun, pengguna Reddit melaporkan masalah baterai yang serupa ketika menggunakan WhatsApp pada ponsel Huawei, Xaomi, dan Google Pixel.

WhatsApp menolak permintaan untuk memberikan komentarnya seputar permasalahan pemakaian bateri itu..

Sebelumnya WhatsApp telah meluncurkan pembaruan 2.19.308 pada akhir bulan lalu. Masih belum ada kepastian kapan perbaikan akan tersedia. Bahkan dalam berita lain, seorang ahli bahasa internet mengatakan bahwa jika kita berhenti menggunakan WhatsApp, maka hal tersebut akan membuat orang berpikir bahwa itu tidak sopan. (hh)