Ingin Hemat Kuota Internet? Jangan Gunakan Aplikasi Ini

logo huawei

Konsumsi data dari penggunaan aplikasi mobile untuk Android ataupun iOS memang berbeda-beda. Ada aplikasi yang bisa menguras data dengan cepat, dan ada juga yang sedikit.

Terkadang kita sering tidak menyadari ketika sedang menggunakan sebuah aplikasi, bahwa kuota internet yang kita gunakan mau habis bahkan telah habis. Ada baiknya untuk menghindari kejadian seperti itu, kita mengenali beberapa aplikasi yang boros dalam penggunaan data.

Paling tidak nanti kita akan bisa mengatur cara kita dalam menggunakan aplikasi yang terhubung ke internet. Mungkin mulai dengan tidak selalu sering memakai aplikasi tersebut atau hanya memakainya apabila tersedia koneksi WiFi, serta kita juga bisa menonaktifkan fitur-fitur yang tidak kita butuhkan.

Sebagaimana yang telah di informasikan oleh Cnet, Kamis (12/5/2016), inilah aplikasi-aplikasi yang dapat menghabiskan kuota internet kita.

Facebook

Terlalu sering memeriksa atau melihat status di Facebook dipastikan akan membuat kuota internet anda habis dengan cepat. Hal ini disebabkan karena Facebook tidak hanya berisi text melainkan juga ada foto dan video yang umumnya memakai banyak kuota internet.

Apalagi kalau autoplay video aktif, maka secara otomatis video akan diputar. Untungnya ada pilihan dimana kita dapat menonaktifkan fitur autoplay.

Twitter

Sama halnya seperti Facebook, Twitter tidak hanya menampilkan kicauan-kicauan saja. Kalau sekedar kicauan-kicauan saja memang tidak membutuhkan pemakaian internet yang besar. Namun, kita juga bisa melihat foto dan video di kicauan Twitter. Hal ini tentu akan menyedot kuota internet kita.

Untuk menghemat kuota internet, Twitter telah menyediakan pilihan dimana kita bisa menonkatifkan video dan juga tidak menampilkan foto-foto. Bahkan bisa diatur agar aktif apabila terhubung pada koneksi WiFi.

Instagram

Foto saja sudah menyedot banyak kuota internet kita, ditambah dengan adanya video tentu akan memperparah kondisi kuota internet kita. Sayangnya kita tidak dapat menonkatifkan autoplay video di Instagram.

Alternatif lain kita bisa menghemat kuota internet kita dengan menyalakan fitur Use Less Data. Fitur ini ada di menu pengaturan, dibawah tab bertuliskan Cellular Data Use.

YouTube

Hal ini sudah sangat jelas, sebagai aplikasi pemutar video YouTube adalah aplikasi yang akan banyak menyedot kuota internet. Namun, YouTube telah mengatur video untuk tidak langsung diputar atau autoplay. Tentunya ini kembali kepada pengguna, apakah dia ingin melihat video tersebut atau tidak.

Apabila memang kita ingin sekali atau memang perlu melihat video di YouTube, maka ada cara untuk menghemat pemakaian datanya. Caranya, kita dapat mengatur video yang kita ingin lihat pada resolusi terendah. Kita juga dapat mengatur untuk fitur resolusi tinggi hanya aktif apabila kita menggunakan koneksi WiFi.

Spotify

Mendengarkan lagu memang menyenangkan, apalagi bagi yang hobinya mendengarkan musik. Namun, kalau kita mendengarkan lagu melalui aplikasi yang menyediakan streaming musik, tentu akan menghabiskan kuota data kita.

Kita dapat menghemat pemakaian data dengan mendownload lagu yang ingin kita dengarkan. Sayangnya fitur download pada Spotify hanya tersedia bagi pengguna premium. Kalau masih ingin mendengarkan secara online, kita bisa mengatur kualitas streaming musiknya. Pada menu pengaturan, kemudian tab Streaming Quality, pilih kualitas Normal saja.