Ingin Mencoba Ponsel Linux, Ini Pilihan Anda

logo huawei

Meskipun Android didasarkan pada kernel Linux, ia telah banyak dimodifikasi. Jadi tidak membuatnya menjadi sistem operasi berbasis Linux yang lengkap. Google sedang mencoba untuk mendekatkan kernel Android dengan kernel Linux, tetapi itu masih merupakan mimpi yang jauh.

Jadi, dalam hal ini, apa saja opsi jika Anda mencari ponsel Linux? Ponsel cerdas yang ditenagai penuh oleh sistem operasi Linux

Ini bukan keputusan yang mudah untuk dibuat karena pilihannya sangat terbatas. Oleh karena itu melalui tulisan ini kami mencoba menyoroti beberapa ponsel Linux terbaik dan beberapa opsi berbeda dari setiap ponsel.

Perlu dicatat bahwa ponsel Linux yang disebutkan di sini mungkin tidak dapat menggantikan perangkat Android atau iOS Anda. Jadi, pastikan Anda melakukan riset latar belakang sebelum membuat keputusan pembelian.

Catatan: Anda harus hati-hati memeriksa ketersediaan, perkiraan tanggal pengiriman, dan risiko menggunakan telepon Linux. Sebagian besar opsi hanya cocok untuk penggemar atau pengguna awal.

1. PinePhone

PinePhone adalah salah satu pilihan paling terjangkau dan populer untuk dipertimbangkan sebagai ponsel Linux yang menjanjikan.

Ini tidak terbatas pada satu sistem operasi. Anda bisa mencobanya dengan Manjaro dengan Plasma mobile OS, UBports, Sailfish OS, dan lain-lain. Paket PinePhone dalam beberapa spesifikasi yang layak yang mencakup prosesor Quad-core dan 2/3 Gigs RAM. Itu mendukung kartu microSD yang dapat di-boot untuk membantu Anda dengan instalasi, bersama dengan opsi penyimpanan eMMC 16/32 GB.

Layarnya adalah layar IPS 1440x720p dasar. Anda juga mendapatkan tweak perlindungan privasi khusus seperti tombol pemutus untuk Bluetooth, mikrofon, dan kamera.

PinePhone juga memberi Anda opsi untuk menambahkan ekstensi perangkat keras khusus menggunakan enam pin pogo yang tersedia.

Edisi dasar (RAM 2 GB dan penyimpanan 16 GB) hadir dengan Manjaro secara default dan berharga $ 149. Dan, edisi konvergensi (RAM 3 GB / penyimpanan 32 GB) berharga $ 199.

2. Fairphone

Dibandingkan dengan yang lain dalam daftar, Fairphone sukses secara komersial. Ini bukan smartphone Linux, tetapi fitur versi Android yang disesuaikan, yaitu Fairphone OS, dan opsi untuk memilih OS, salah satu alternatif Android open-source. Beberapa port komunitas tersedia jika Anda ingin menggunakan sistem operasi Linux, tetapi ini bisa menjadi hit dan miss.

Fairphone menawarkan beberapa spesifikasi yang layak, mengingat ada dua varian yang berbeda. Anda akan menemukan sensor kamera 48 MP untuk Fairphone 3+ dan layar full-HD. Tidak ketinggalan, Anda juga akan menemukan prosesor Qualcomm yang layak untuk memberi daya pada perangkat.

Mereka fokus pada pembuatan smartphone yang berkelanjutan dan dibuat menggunakan sejumlah plastik daur ulang. Fairphone juga dimaksudkan agar mudah diperbaiki.

Jadi, ini bukan hanya pilihan dari smartphone mainstream, tetapi Anda juga akan membantu melindungi lingkungan jika Anda memilihnya.

3. Librem 5

Librem 5 adalah smartphone yang sangat berfokus pada privasi pengguna sambil menampilkan sistem operasi open-source, yaitu PureOS, tidak berbasis Android.

Spesifikasi yang ditawarkan lumayan, dengan RAM 3 Gigs dan chipset Cortex A53 quad-core. Tapi, ini bukan sesuatu yang diarahkan untuk bersaing dengan ponsel Linux lainnya. Oleh karena itu, Anda mungkin tidak menganggapnya sebagai sebuah penawaran apabila dinilai dari uang.

Ini ditujukan untuk para penggemar yang tertarik untuk menguji smartphone yang menghormati privasi dalam prosesnya.

Mirip dengan yang lain, Librem 5 juga berfokus untuk membuat ponsel mudah diperbaiki dengan menawarkan baterai yang dapat diganti pengguna.

Untuk privasi, Anda akan melihat sakelar mematikan untuk Bluetooth, Kamera, dan mikrofon. Mereka juga menjanjikan pembaruan keamanan untuk tahun-tahun mendatang.

4. Pro 1X


Sebuah smartphone menarik yang mendukung Ubuntu Touch, Lineage OS, dan juga Android.

Ini bukan hanya smartphone Linux tetapi juga ponsel dengan keypad QWERTY terpisah, yang jarang ditemukan saat ini.

Pro 1 X memiliki spesifikasi yang layak, termasuk prosesor Snapdragon 662 yang dipadukan dengan RAM 6 GB. Anda juga mendapatkan layar AMOLED Full HD yang terhormat dengan Pro 1 X.

Kamera tidak dikemas dalam sesuatu yang canggih, tetapi cukup baik untuk sebagian besar keperluan memfoto dalam kehidupan sehari-hari.

Sebuah smartphone menarik yang mendukung Ubuntu Touch, Lineage OS, dan juga Android.

5. Volla Phone


Penawaran menarik yang berjalan di Ubuntu Touch oleh UBports.

Muncul dengan VPN yang sudah dibuat di dalamnua dan berfokus untuk membuat pengalaman pengguna menjadi mudah. Sistem operasi telah disesuaikan sehingga segala sesuatu yang penting harus dapat diakses dengan cepat tanpa mengatur apa pun sendiri.

Ini dikemas dalam beberapa spesifikasi yang mengesankan yang mencakup prosesor MediaTek Octa-core bersama dengan baterai 4700 mAh. Anda mendapatkan desain takik yang menyerupai beberapa smartphone terbaru yang tersedia.

Smartphone Linux tidak tersedia dan tentu saja belum cocok untuk masyarakat luas.

Namun jika Anda adalah penggemar berat Linux atau ingin mendukung pengembangan ponsel berbasis Linux, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli salah satu perangkat tersebut.

%d bloggers like this: