Ini Cara Update Windows 7 Ke Windows 10

logo huawei

Pada awal tahun 2020 Microsoft mengumumkan secara resmi untuk menghentikan dukungan ke sistem operasi (OS) Windows 7. Namun menurut pakar kemanan siber CISSRec Pratama Persadha mengatakan bahwa Windows 7 masih bisa di operasikan akan tetapi terdapat beberapa aplikasi yang tidak bisa digunakan pada Windows 7, hal tersebut terjadi karena ada aplikasi yang tidak didesain untuk Windows 7.

Baca: Akhir Windows 7 Adalah Akhir Dari Era PC

Perubahan itu akan mempengaruhi ratusan juta orang karena lebih dari sepertiga PC menggunakan Windows 7 dan efek dari dihentikannya Windows 7 ini adalah akan membuat para peretas dapat memuluskan untuk melakukan siber, pasalnya Microsoft tak lagi mengupdate sistem keamanan untuk membentengi berbagai celah keamanan.

Berikut adalah cara untuk mengupdate Windows 7 ke Windows 10, namun cara ini hanya dapat dilakukan oleh pemilik OS Windows asli yang mempunyai kode lisensi asli, dan memiliki koneksi internet yang stabil.

  1. Kunjungi: https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10
  2. Kemudian pilih tombol ‘Accept’ untuk menyetujui ketentuan lisensi.
  3. Terdapat halaman ‘What do you want to do’? pilih tombol ‘Upgrade this PC now’ lalu pilih ‘Next’.
  4. Setelah terinstal, aplikasi akan mengarahkan untuk mengatur windows 10 dalam PC dan pengguna dapat memilih data yang akan disimpan.
  5. Terdapat halaman ‘Change what to keep’, pilih ‘Keep personal files and apps’ untuk menyimpan dokumen dan aplikasi, ‘Keep personal files only’, atau pilih ‘Nothing’ untuk menghapus seluruh data di PC.
  6. Proses ini aka nada beberapa restart untuk itu pastikan tidak mematikan PC dan pastikan baterai PC atau laptop terisi penuh atau juga dapat dilakukan dengan pengisi daya pada saat mengupdate Windows di laptop.
  7. Setelah update selesai, secara otomatis sistem operasi akan terpasang di PC/laptop. Langkah terakhir adalah lakukan aktivasi Windows 10 dengan memasukan kode lisensi pada windows sebelumnya.

Nah, sangat mudahkan untuk mengupdate Windows 7 ke Windows 10. Mari update sekarang untuk menghindai ancaman keamanan. Selamat Mencoba!(grn)