Jutaan Ponsel akan Diblokir dari Google Maps, YouTube, dan Gmail

logo huawei

Pencarian secara besar – besaran mengkonfirmasi bahwa beberapa perangkat Android akan kehilangan akses ke sejumlah aplikasi populer.

Kecuali jika pengguna memperbarui ponsel mereka atau dengan membeli ponsel baru, jutaan orang di seluruh dunia akan terkunci dari perangkat lunak hari ini.

Google mengumumkan tenggat waktu dalam sebuah posting singkat di situs webnya.

Raksasa teknologi itu mengatakan pihaknya berencana untuk memblokir pengguna agar tidak masuk dengan Akun Google mereka di perangkat yang menggunakan Android 2.3.

Versi lama dari sistem operasi Google yang diluncurkan pada Desember 2010.

Google mengatakan telah menarik dukungan untuk platform sebagai bagian dari upaya mereka untuk menjaga keamanan pengguna kami.

Pencarian besar – besaran di California itu juga dilakukan secara teratur untuk menghentikan dukungan untuk versi lama dari perangkat lunak Android saat merilis yang baru.

Itu karena sistem operasi versi lama jauh lebih rentan terhadap bug dan peretas.

Versi terbaru Android adalah Android 11, jadi 2,3 mil di belakang perangkat lunak yang berjalan di sebagian besar smartphone Android saat ini.

Dilansir dari thesun.co.uk, pada Februari 2017, Google menangguhkan pembayaran nirsentuh Google Pay agar tidak berfungsi pada handset yang menjalankan Android 2.3.

Saat ini, siapa pun yang menggunakan perangkat yang menjalankan perangkat lunak versi lama akan mendapati bahwa mereka tidak dapat masuk ke akun Google mereka.

Mereka akan menerima kesalahan nama pengguna dan kata sandi, meskipun mereka telah memasukkan kredensial yang benar.

Mencoba menambahkan Google Kalender atau akun Gmail ke menu pengaturan perangkat akan menghasilkan kesalahan yang sama.

Aplikasi Google populer lainnya juga akan berhenti berfungsi, termasuk YouTube, Google Play Store, Google Maps, Gmail, Google Kalender, dan banyak lagi.

Untuk terus menggunakan aplikasi ini, Anda harus memutakhirkan ponsel cerdas Anda ke minimal Android 3.0.

Pengecekan Versi Android

Anda dapat melakukannya dengan menuju ke pengaturan perangkat Anda dan mengetuk Sistem> Lanjutan> Pembaruan Sistem.

Namun, karena tidak semua perangkat yang menjalankan Android 2.3 dapat melakukan lompatan ke versi berikutnya, beberapa pengguna akan dikunci untuk selamanya.

Smartphone yang tetap menggunakan Android 2.3 seperti Sony Xperia Advance, Lenovo K800, Sony Xperia Go, Vodafone Smart II, Samsung Galaxy S2, Sony Xperia P, LG Spectrum, Sony Xperia S, LG Prada 3.0, HTC Velocity, HTC Evo 4G, Motorola Api, dan Motorola XT532.

Jika Anda tidak dapat meningkatkan versi Android pada perangkat yang Anda gunakan, maka Anda selalu dapat mengatasi masalah tersebut dengan masuk ke layanan seperti YouTube melalui browser Anda.(ra/hh)

%d bloggers like this: