Perubahan Terbaru WhatsApp Buat Chat lebih Terlindungi

logo huawei

“Pengguna WhatsApp diberikan opsi untuk mengaktifkan pesan yang hilang secara default ketika mereka memulai obrolan baru,” kata platform perpesanan itu.

Pembaruan juga akan melihat pengguna dapat memilih setelah berapa lama pesan menghilang (sekitar 24 jam, tujuh hari atau 90 hari.

Saat ini pengguna dapat mengaktifkan pesan yang menghilang untuk percakapan individu, yang membuatnya dihapus dari obrolan setelah tujuh hari. Pembaruan terbaru ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur di semua obrolan baru yang dimulai setelah diaktifkan.

WhatsApp telah memnerikan konfirmasi bahwa fitur baru ini opsional dan tidak mengubah atau menghapus percakapan yang ada.

Dilansir dari metro.co.uk, Perusahaan perpesanan ini juga mengatakan perubahan telah dilakukan untuk memberikan pengguna lebih banyak pilihan tentang bagaimana melindungi privasi mereka.

“Untuk orang-orang yang memilih untuk mengaktifkan pesan menghilang default, kami akan menampilkan pesan di obrolan Anda yang memberi tahu orang-orang bahwa ini adalah pesan default yang Anda pilih,” kata WhatsApp dalam sebuah posting blog.

“Ini memperjelas bahwa ini bukanlah masalah pribadi, melainkan ini ialah pilihan yang Anda buat tentang bagaimana Anda ingin berkomunikasi dengan semua orang di WhatsApp ke depannya. Meskipun, tentu saja jika Anda memerlukan percakapan tertentu untuk tetap permanen, cukup mudah untuk mengalihkan obrolan kembali,” jelasnya.

“Kami percaya hilangnya pesan bersama dengan enkripsi ujung ke ujung adalah dua fitur penting yang mendefinisikan apa artinya menjadi layanan pesan pribadi saat ini, dan membawa kami selangkah lebih dekat ke perasaan percakapan langsung,” tambahnya.

Fitur baru ini dapat diakses dengan masuk ke pengaturan privasi di WhatsApp dan mengetuk pengatur waktu pesan default.

Cara mengaktifkan pesan yang hilang secara default

Untuk mengaktifkan pesan yang hilang secara default, Anda harus masuk ke menu pengaturan aplikasi. Langkah yang perlu anda lakukan adlaah, Buka Pengaturan WhatsApp > ketuk Akun > Privasi > Pengatur waktu pesan default dan pilih durasi. Anda diharuskan menginstal WhatsApp versi terbaru di Android atau iOS terlebih dahulu.

Belum ada kejelasan kapan pembaruan akan tiba, tetapi mengingat pengumuman WhatsApp, kemungkinan pembaruan akan segera hadir.(ra/hh)

%d bloggers like this: