Ponsel Pintar Berbentuk Silinder?

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Saat ini semakin banyak ponsel cerdas yang bentuknya persegi panjang, perlombaan akan terus berjalan untuk menemukan ponsel pintar yang baru dan unik yang dapat meyakinkan orang bahwa itu bagus dan diinginkan semua orang. Ponsel pintar yang bisa dilipat, saat ini sudah dalam proses pengembangan. Tapi bagaimana dengan ponsel pintar berbentuk silinder?

Para peneliti Universitas Queen baru saja memperlihatkan sebuah purwarupa dari ponsel pintar berbentuk silinder. Ini dapat dilihat di halaman LinkedIn mereka. Ponsel pintar ini menggunakan enkoder putar magnetik pada ujung silinder. Layar kemudian dapat dibuka untuk menampilkan lebih banyak informasi.

Hal tersebut sama dengan cara mengubah posisi konten ponsel cerdas ketika beralih dari lanskap ke potret. Ponsel pinter berbentuk silinder ini diberi nama The MagicScroll. Fungsinya pun sama dengan ponsel pintar lainnya yaitu bisa digunakan untuk mengakses aplikasi, serta melakukan panggilan.

Perangkat ini menggunakan layar OLED berukuran 7,5 inci, fleksibel, 2160 x 1920, dengan multitouch (yang terdiri dari dua layar LG G Flex 2 5 inci yang disambung bersama), dan bagian badan perangkat adalah silinder yang dicetak menggunakan perinter 3D. Di bagian dalamnya ada dua papan sirkuit Android yang menggunakan Android 5.1 Lollipop.

Untuk tenaganya perangkat ini menggunakan tiga baterai lithium-ion, dua di antaranya memiliki kapasitas pada 600mAh dan untuk sistem, dan satu baterai lagi 300mAh pada roda yang digerakkan di kedua sisi gulungan serta sejumlah komponen lain yang biasa ditemukan pada smartphone dan tablet.

Untuk sekarang The MagicScroll memang hanya sebuah purwarupa dan kemungkinan besar tidak akan diproduksi untuk keperluan komersial, mengingat penggunaannya yang tidak lazim. Mungkin saja bisa nanti digunakan sebagai bagian dari sebuah perangkat lain, sehingga dapat melakukan sesuatu yang berguna dengan sangat baik.

Sementara untuk pengguna ponsel pintar biasa tentunya kurang praktis jika harus membukanya menjadi bentuk kaku dan kemudian digulung lagi seperti gulungan kertas toilet. Jadi untuk saat ini, silakan nikmati ponsel pintar persegi panjang yang sekarang kita gunakan.(hh)

Sumber