Tips Ini Akan Membantu Anda Menjaga Keamanan Email Anda

logo huawei

Salah satu pertimbangan terpenting adalah melindungi email Anda. Email masih merupakan salah satu teknologi komunikasi online yang paling banyak digunakan, tetapi juga salah satu yang paling tidak aman, itulah sebabnya dibutuhkan keamanan ekstra. Selain mengambil langkah-langkah untuk melindungi email Anda, penting untuk membuat cadangan lokal dari korespondensi prioritas tinggi atau dokumen yang bergantung pada email jika ada kemungkinan pemadaman sementara yang mungkin dialami penyedia email Anda sebagai akibat dari serangan siber.

Berikut adalah 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan email Anda:

  1. Gunakan kata sandi yang kuat dan unik
    Menurut cnet.com, dua hal yang perlu diperhatikan saat membuat kata sandi ialah panjang (setidaknya delapan karakter termasuk angka dan simbol) dan unik (yaitu, jangan menggunakan kembali kata sandi yang sama untuk beberapa akun). Jika Anda kesulitan dengan kata sandi, pengelola kata sandi dapat membantu menghasilkan kata sandi yang rumit, mengingatkan Anda untuk mengubahnya, serta membantu Anda mengingatnya.
  2. Aktifkan otentikasi dua faktor
    Otentikasi dua faktor menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun email Anda. Setelah memasukkan kata sandi, Anda harus memberikan kode autentikasi terpisah yang dikirim ke ponsel atau autentikator seluler untuk mengakses akun. Ini berarti bahwa bahkan jika pihak yang tidak berwenang dapat memecahkan kata sandi Anda, mereka masih memerlukan akses fisik ke telepon Anda untuk mengakses akun email.
  3. Gunakan layanan email yang aman untuk mengenkripsi pesan Anda
    Layanan email aman seperti ProtonMail, Tutanota, dan StartMail dapat mengenkripsi email Anda untuk memastikan bahwa pesan tetap tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang yang mungkin ingin mengintip korespondensi Anda. Layanan email yang aman yang tercantum di atas juga menyediakan opsi untuk membuat alias sekali pakai untuk melindungi privasi Anda lebih jauh dan membatasi entitas yang memiliki akses ke alamat email utama Anda.
  4. Identifikasi dan hindari penipuan phishing
    Phishing masih menjadi salah satu metode paling umum yang digunakan penyerang siber untuk membobol akun online. Jika Anda melihat email yang tidak diminta yang meminta Anda untuk segera mengeklik tautan atau mengunduh lampiran, itu mungkin penipuan phishing. Jangan pernah mengklik link tersebut. Jika tidak, Anda kemungkinan akan mengunduh malware atau mengungkapkan informasi pribadi seperti kata sandi dan informasi keuangan Anda.
  5. Gunakan fitur Sembunyikan Email Saya dari Apple jika Anda memiliki iPhone
    Dengan dirilisnya iOS 15, Apple meluncurkan Hide My Email, fitur keamanan penting yang memungkinkan Anda menyembunyikan alamat email dari situs dan layanan yang Anda daftarkan secara online.Jika Anda memiliki iPhone, Anda dapat mengakses fitur Sembunyikan Email Saya dengan membuka Pengaturan > iCloud > Sembunyikan Email Saya.Jika Anda tidak memiliki iPhone, cara paling praktis untuk mereplikasi fungsi ini adalah dengan menggunakan alias yang berbeda, jika ditawarkan oleh penyedia email Anda. Banyak layanan email populer seperti Gmail, Yahoo, Outlook, dan penyedia email aman lainnya menawarkan alias. Periksa pengaturan akun penyedia Anda untuk melihat apakah ia menawarkan fitur tersebut.(ra/hh)
%d bloggers like this: