Twitch Dan Facebook Gaming Meledak Selama Pandemic

logo huawei

Selama masa pandemi, Twitch dan Facebook Gaming meledak kedua situs streaming tersebut, jam tontonannya naik sekitar 80% dari tahun ke tahun. StreamElements dan mitranya, perusahaan analitik Rainmaker.gg, telah mengeluarkan laporan “State of the Stream” edisi Februari. Dalam dokumen ini, ada hal menarik yang bisa kita tarik kesimpulan bahwa platform live streaming ini merupakan salah satu “pemenang” di situasi sulit ketika pandemi terjadi.

Temuan terbesar dalam laporan bulan ini adalah, dalam hal jam menonton, Twitch dan Facebook Gaming naik sekitar 80% dari tahun ke tahun. Untuk lebih spesifik: Twitch tumbuh 82 % Ini berarti, lebih dari 1,8 miliar jam waktu tonton di bulan Februari, sementara Facebook Gaming tumbuh 79 %, menghabiskan waktu 400 juta jam. Jumlah jam waktu tonton tersebut sangatlah besar. Hasil laporan ini menunjukkan bahwa jumlah total orang yang menonton siaran langsung telah meningkat selama pandemi virus corona global.

Sebagai referensi, pada Maret 2020, saat pandemi dimulai, Twitch menghabiskan 1,1 miliar jam tontonan. Dan April 2020, Facebook Gaming telah melewati 291 juta jam tontonan.

Dilansir dari the verge, Angka-angka itu sangat besar dan kabarnya akan bertahan cukup lama. Kedua angka itu sebenarnya turun dari bulan Januari, yang merupakan bulan dengan hari yang lebih banyak dibanding Februari. Namun, jumlah total orang yang menonton siaran langsung/live streaming telah meningkat selama pandemi global ini. Akan lebih menarik untuk disimak, apakah angkanya akan turun saat dunia kembali ke keadaan normal.

Di Indonesia Twitch rasanya kurang begitu populer. Di samping Facebook Gaming dan Youtube Gaming, ada satu lagi platform yang cukup ramai di Indonesia, yakni Nimo TV. Ramainya Nimo TV bukan tanpa alasan. Alasan utama karena banyak para pro player esport yang bermain secara live di sini. Hal ini juga ditunjang dengan event-event yang sering diadakan. Baru-baru ini, Nimo TV juga bekerjasama dengan pihak MPL ID untuk menanyangkan siaran langsung pertandingan liga profesional Mobile Legends season 7 di Indonesia.(kl)