Langkah Mudah Dan Gratis Untuk Membuat Komputer Jadul Baru Kembali

logo huawei

Kita semua merasakan rasa frustasi ketika komputer yang kita gunakan terasa kian lambat. Memang ada cara-cara yang dapat membantu meningkatkan kinerja komputer lama, tapi pada akhirnya akan ketinggalan jaman untuk menjalankan aplikasi-aplikasi terbaru.

Dulu waktu kita membeli komputer baru, mungkin banyak tulisan-tulisan yang bisa membantu menentukan pilihan kita. Tapi sekarang sudah jauh lebih mudah untuk mengaktifkan komputer tua kita agar bisa digunakan oleh teman-teman atau saudara kita.

Disini maksudnya bukan harus ke upgrade ke Windows 10, memang Windows 10 kinerjanya jauh lebih baik dari versi-versi Windows sebelumnya, tapi tentu tidak akan berjalan bila menggunakan hardware yang sudah tua. Untuk menghindari masalah ini, kita perlu melakukan update ke operating system lain bukan Windows.

Pada umumnya orang-orang akan menggunakan Linux untuk tujuan ini. Linux gratis dan sangat aman. Banyak versi Linux yang beredar, ada versi penuhnya untuk menggantikan Windows hingga versi yang bisa berjalan di Raspberry Pi komputer seharga 35 dollar. Linux Mint dapat berjalan di desktop dan merupakan operating system yang cukup user friendly, dan dapat berjalan di hardware lama.

Walaupun mereka merupakan pengganti Windows yang sangat baik, tapi ada lagi pilihan lain yang lebih sederhana. Beberapa tahun terakhir ini mungkin sudah ada yang mengetahui mengenai Chromebooks, Notebook dengan harga 250 dollar yang berjalan menggunakan operating system buatan Google yaitu Chrome OS. Chrome OS merupakan operating system yang diambil dari aplikasi browser yang cukup populer yaitu browser Chrome.

Operating system seperti ini memiliki banyak keuntungan, dan salah satunya adalah dapat berjalan dengan baik pada hardware yang menggunakan daya kecil. Selain itu dia juga memiliki keamanan yang kuat seperti Chrome, dan selalu mendapatkan update baik untuk kinerja dan keamanannya secara rutin.

Tambahan lainnya, OS Chrome bekerja seperti halnya Windows, dia memiliki tombol start, ada taskbar dan juga lengkap dengan aplikasinya. Umumnya sangat mudah digunakan sebagai standar Web browser. Kemudian, banyak hal yang dapat di lakukan seperti pada umumnya operating system. Seperti melakukan video chatting, memutar musik, mencetak dokumen, dan bermain games.

Aplikasi yang ada di OS Chrome sebenarnya adalah aplikasi web yang dapat di jalankan melalui cloud, dan banyak aplikasi-aplikasi tersebut yang gratis. Dan juga dia akan menyimpan file atau dokumen secara online, jadi kita bisa mengaksesnya darimana saja dengan menggunakan gagdet apa saja. Apabila salah satu komputer kita yang menggunakan OS Chrome rusak atau crash, maka kita masih bisa masuk menggunakan gadget yang memiliki OS Chrome dan kita akan dengan segera mendapatkan komputer yang siap pakai sesuai dengan keinginan kita.

Dulu, kita harus mengeluarkan uang cukup banyak agar bisa memiliki Chromebook ataupun PC Desktop yang menggunakan OS Chrome. Tapi sekarang sudah sangat berbeda.

Sebuah perusahaan bernama Neverware telah membuat operating system bernama CloudReady, dimana ini merupakan versi OS Chrome yang dapat berjalan di berbagai jenis notebook dan komputer, bahkan di hardware buatan Apple. Yang paling serunya operating system ini gratis apabila untuk penggunaan di rumah atau pribadi.

Memasang sebuah operating system di komputer kadang gampang-gampang susah, untuk itu Neverware telah menyediakan langkah-langkah serta pertunjuknya di website mereka. Operating system buatan Neverware ini juga sudah di test, jadi ada tipe-tipe hardware yang sudah lolos untuk penggunaan operating system mereka.

Kita dapat memeriksa daftar dari tipe hardware yang sudah di test, jadi kita bisa mengetahui apakah notebook atau komputer kita sudah CloudReady. Bahkan jika seandainya tipe hardware kita tidak ada pada daftar, kita tetap bisa mencoba untuk memasang operating system tersebut dan melihat sendiri apa yang terjadi. Kebanyakan yang sudah mencoba mengatakan bisa berjalan dengan baik.

Secara umum, CloudReady berjalan di notebook dan komputer yang mulai di buat pada tahun 2007 atau yang terbaru, dan Netbooks dari tahun 2009 sampai sekarang. Paling sedikitnya membutuhkan memory 1 GB agar dapat berjalan dengan lancar, tapi karena dia banyak mengandalkan penyimpanan di cloud dan menggunakan aplikasi web, maka dia hanya memerlukan kapasitas penyimpanan sebesar 8 GB saja.

Pada beberapa komputer kita juga bisa memasangkan dual-boot CloudReady dan Windows, apabila memang kita masih ingin menggunakan Windows. Namun seperti biasa pastikan untuk membackup semua informasi dan file-file terlebih dahulu. Sekedar berjaga-jaga apabila pemasangan operating system tidak berjalan dengan baik.

Apabila kita memasang CloudReady di komputer utama kita, maka kita dapat membackup file-file yang ada ke Google Driver. Untuk foto-foto kita dapat membackupnya di Google Photos dan mengunggah file-file musik ke Google Music. Dengan melakukan ini, file-file kita akan berada ditempat yang sudah disediakan ketika masuk menggunakan CloudReady. CloudReady juga mendukung layanan cloud lain seperti Dropbox, apabila kita ingin menggunakan produk yang bukan milik Google.

Tapi banyak juga orang yang masih ingin menggunakan Windows. Apabila itu juga permasalahan yang anda hadapi saat ini, maka mungkin sudah waktunya anda mencari komputer baru. Memang prosesnya akan membuat kita merasa kecil hati, tapi tentunya berbeda apabila kita memang sudah tahu apa kita yang kita cari. Ataupun bisa saja anda memutuskan untuk tidak memiliki komputer dulu untuk saat ini. Pada era sekarang ini banyak pilihan smartphone dan tablet sebagai pilihan alternatif.