Microsoft Teams akan Berhenti Beroperasi Bulan ini

logo huawei

Pengguna Microsoft Teams perlu menyadari bahwa waktu mereka sudah hampir habis untuk menggunakan salah satu tool komunikasi populer di salah satu browser besar.

Di awal tahun ini, raksasa teknologi yang berbasis di Redmond tersebut sudah mengumumkan rencana untuk “mematikan” beberapa layanan di software veteran mereka yaitu Interent Explorer 11, karena semakin banyaknya orang yang terdorong untuk menggunakan browser termutakhir Microsoft Edge. Salah satu perubahan terbesar yang datang di Internet Explorer 11 akan diberlakukan bulan ini dengan Microsoft Teams menjadi yang pertama.

Dilansir dari situs web express.co.uk, perusahaan mengatakan dalam sebuah postingan blog di awal tahun, mereka telah mengumumkan bahwa aplikasi web Microsoft Teams tidak akan lagi mendukung Internet Explorer 11 di akhir November.

Microsoft Teams akan berhenti mendukung IE 11 pada hari Senin 30 November, dengan perubahan lainnya akan datang pada tahun depan. Pada 9 Maret 2022 Microsoft Edge Legacy akan menghentikan dukungannya, sementara para 17 Agustus 2021 semua aplikasi Microsoft lainnya sudah tidak akan lagi mendukung IE 11. Jika web browser utama anda adalah Internet Explorer 11, maka anda harus segera melepaskan ketergantungan dengan browser tersebut.

“Ini berarti, setelah tanggal-tanggal yang sudah ditentukan pelanggan akan memiliki pengalaman yang lebih sedikit atau tidak bisa lagi terhubung ke aplikasi Microsoft 365 dan layanannya di IE 11. Sebagai hasil dari pemangkasan pengalaman tersebut, fitur-fitur terbaru dari Microsoft 365 sudah tidak akan bekerja lagi saat mengakses aplikasi tersebut melalui IE 11” kata Microsoft dalam postingan blognya.

“Meskipun kami tahu perubahan ini akan terasa sulit bagi sebagian pelanggan, tapi kami percaya bahwa pelanggan akan mendapatkan pengalaman terbaik Microsoft 365 saat menggunakan Microsoft Edge yang baru. Kami ingin membantu agar transisi ini berjalan dengan mulus.

“Pelanggan sudah menggunakan IE 11 sejak 2013 saat lingkungan online belum secanggih lanskap sekarang. Sejak saat itu, standar open web dan browser terbaru seperti Microsoft Edge yang baru – sudah mengaktifkan pengalaman online yang lebih inovatif dan tentunya lebih baik” tambahnya.

Microsoft juga mengatakan bahwa mereka yakin pelanggan Microsoft 365 dalam konteks konsumen dan komersil akan dilayani dengan baik melalui perubahan ini, karena web yang lebih cepat dan responsive ke jajaran fitur di toolset sehari-hari seperti Outlook, Teams, SharePoint dan lainnya.

Adanya perubahan yang akan datang bukan berarti internet Explorer 11 akan ditutup sepenuhnya.

“Kami mengerti kebutuhan untuk ‘berbuat lebih banyak dengan berbagai kekurangan’ di lingkungan bisnis yang baru ini. Saat telah mencapai waktu yang ditetapkan, pelanggan tidak akan lagi dapat mengakses aplikasi dan layanan Microsoft 365 menggunakan IE 11, tapi kami ingin memperjelas bahwa IE 11 tidak akan kemana-mana dan pelanggan yang memiliki aplikasi dan sudah berinvertasi di legacy IE 11 akan tetap bisa bekerja.”

“Pelanggan kami sudah membuat berbagai investasi bisnis penting di Aplikasi IE 11 legacy dan kami akan memastikan bahwa aplikasi tersebut akan tetap berfungsi,” imbuhnya.

Internet Explorer, meskipun bukan browser terhebat dan terbaru dari Microsoft, masih memiliki banyak basis pengguna. Menurut statistik dari NetMarketShare, Internet Explore menempati posisi keempat sebagai browser paling populer di dunia.

Di kabar Microsofr Teams lainnya, baru saja diumumkan bahwa tool tersebut akan memungkinkan 1000 partisipan berada di suatu obrolan meeting. Fitur ini sedang dalam pengembangan dan akan segera dirilis ke pengguna di seluruh dunia pada November.

Microsoft Teams mengalami lonjakan jumlah pengguna selama pandemi virus corona, dengan jumlah pengguna saat ini meningkat hingga di atas 115 juta pengguna aktif sehari-hari.(na)