Sistem Kecerdasan Facebook Otomatis Kenali Barang Yang di Jual

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Facebook meluncurkan fitur baru “universal product recognition model atau model pengenalan produk universal” sebuah teknologi yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi barang-barang yang akan dijual oleh pengguna kepada konsumen seperti furniture, pakaian, hingga mobil dengan cepat.

Ini adalah langkah pertama menuju masa depan di mana produk di setiap gambar di situsnya dapat diidentifikasi dan berpotensi untuk dibeli.

“Kami ingin membuat semua yang ada di platform dapat dibeli, kapanpun diinginkan,” ujar Manohar Paluri, Kepala Visi Komputer Terapan di Facebook, seperti di kutip The Verge.

Dilansir dari situs web TheVerge.com, teknologi pengenalan produk termasuk dalam serangkaian pembaruan bertenaga system kecerdasan buatan yang akan datang ke platform e-commerce mereka dalam waktu dekat.

Hal ini akan menggabungkan AI, augmented reality, dan bahkan asisten digital untuk menciptakan apa yang disebut pengalaman belanja yang “lebih mengutamakan sosial”.

Tak hanya itu, mereka juga meluncurkan fitur baru yang disebut Shops, yang memungkinkan usaha kecil mengatur etalase secara gratis di Facebook dan Instagram.

Fashion akan menjadi bagian penting dari teknologi ini, dengan perusahaan memberi kesan bahwa “penata mode AI” milik Facebook di masa depan dapat menawarkan rekomendasi belanja yang dipersonalisasi untuk pengguna berdasarkan rekomendasi dan saran harian untuk pakaian yang disesuaikan dengan cuaca dan jadwal mereka.

“Ini adalah sesuatu yang ingin saya bangun sejak saya menonton film Clueless,” jelasTamara Berg, seorang ilmuwan penelitian Facebook

“Mereka telah benar-benar membayangkan semuanya pada tahun 1995 dan saya pikir teknologi sekarang sudah siap untuk mewujudkannya,” imbuhnya.

Namun seperti yang disarankan oleh referensi Clueless, fitur-fitur ini bukanlah ide yang benar-benar baru. Bahkan di luar Hollywood, mereka telah dicoba dan diuji selama bertahun-tahun, seringkali dengan hasil yang beragam.

Facebook mengatakan yang membuat teknologi berbeda adalah cakupan dan akurasinya. Teknologi pengenalan produk baru perusahaan bernama GrokNet, teknologi ini dapat mengidentifikasi puluhan ribu atribut berbeda dalam sebuah gambar. Mulai dari merek tertentu hingga hal-hal seperti warna dan ukuran.

GrokNet telah digunakan di Facebook Marketplace, membantu pengguna dengan cepat mendaftar item yang akan dijual dengan mengidentifikasi apa yang ada di dalamnya dan menghasilkan deskripsi singkat. Pengguna dapat mengunggah foto sofa pengguna, misalnya, dan Marketplace akan menyarankan untuk mendaftarkannya sebagai “hitam, kulit, sofa sectional.”

Perusahaan juga sedang menguji versi alat ini untuk keperluan bisnis. Ketika mereka mengunggah foto ke halaman mereka yang berisi produk mereka sendiri, sistem AI dapat secara otomatis menandai mereka dan menautkan ke halaman belanja.(na/hh)