Walau Kena Sangsi Penjualan Ponsel Pintar Huawei Lampaui Apple

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Menurut sebuah laporan dari from Counterpoint Research, Huawei telah berhasil melampaui Apple untuk menjadi vendor ponsel pintar terbesar kedua di dunia pada tahun 2019. Sementara Samsung berhasil mempertahankan dirinya pada posisi teratas.

Selain itu laporan dari Counterpoint Research memperlihatkan volume pengiriman ponsel pintar menurun 1% di seluruh industri. Bahkan dengan adanya pembatasan perdagangan yang ketat, Huawei telah berhasil tumbuh di negeri asalanya Tiongkok, di mana ia menguasai hampir 40% dari pasar ponsel pintar dalam negeri.

Tanpa adanya akses langsung ke Google Play Services pada perangkat barunya, Huawei menghadapi perjuangan yang berat dalam meyakinkan pelanggan untuk membeli ponsel pintar. Perlu dicatat juga bahwa angka-angka penjualan untuk Huawei ini juga mencakup Honor  merek ponsel pintar dari Huawei yang memiliki harga terjangkau.

Namun, berita terbesar untuk Android adalah bahwa Apple berhasil mencapai angka penjualan tertinggi untuk kuartal  ke empat 2019. Ini berarti menjadikan Apple sebagai vendor ponsel pintar teratas untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun. Keberhasilan ini tidak diragukan lagi berkat adanya iPhone 11 yang telah menjadi andalan untuk meningkatkan penjualan yang sukses ini. Meskipun demikian, Apple melihat penurunan 1 persen dalam penjualan global pada tahun 2019 dibandingkan dengan tahun 2018.

Dari sisi statistik yang mengkhawatirkan untuk seluruh industri adalah adanya penurunan yang berturut-turut terjadi. Tetapi dengan penyebaran 5G secara global, diharapkan 12 bulan ke depan akan melihat perubahan lain karena pembeli tertarik dengan jaringan nirkabel super cepat.

Sementara Samsung masih mempertahankan posisi pertama dalam penjualan ponsel pintar global, tetapi pertumbuhan hanya 1 persen YoY untuk 2019 dengan pangsa pasar 20 persen. Huawei, Vivo, dan Realme adalah satu-satunya merek yang melihat peningkatan pangsa pasar untuk periode 12 bulan yang sama 2%, dan 1% masing-masing. Perusahaan-perusahaan Tiongkok berkembang lebih jauh di luar batas “tradisional” mereka dan meluncurkan produk dengan daya tarik global yang jauh lebih besar.

Lima merek ponsel pintar teratas yang lebih mapan masih berhasil menangkap 66 persen dari seluruh pasar ponsel pintar sepanjang tahun 2019. Itu adalah peningkatan kecil dibandingkan tahun sebelumnya. Samsung menjadi salah satu pemain 5G utama yang berharap tahun 2020 baik untuk mereka, ada lebih dari 6,5 juta perangkat 5G yang telah dikirimkan sepanjang tahun 2019.

Wabah koronavirus baru-baru ini di Tiongkok juga menimbulkan kekhawatiran karena banyak pabrik dan pasokan yang terpengaruh oleh wabah tersebut. Namun, masih belum jelas bagaimana ini bisa mempengaruhi pemain perangkat ponse pintar terbesar di kuartal pertama 2020 dan kuartal selanjutnya.(hh)